Danrem Merauke Ingatkan Prajurit Tak Gampang Termakan Hoaks

  • Whatsapp
Brigjen TNI Bangun Nawoko
Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Inisiatifnews.com – Belajar dari kasus pengrusakan Mapolsek Ciracas Jakarta Timur pada hari Sabtu (29/8) dini hari lalu oleh oknum TNI aktif, Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko meminta dengan tegas agar para anggota tidak mudah terprovokasi atau terhasut oleh berita-berita maupun informasi yang belum tentu kebenarannya (hoaks). Apalagi sampai mudah untuk menyebarkan berita-berita tersebut.

Pesan penting ini disampaikan Brigjen TNU Bangun Nawoko saat menggelar Jam Komandan kepada Kabalak Disjan dan anggota Korem 174 serta Yonif 125/Simbisa dan Yonif 516/Caraka Yudha, bertempat di Aula L.B Moerdani Makorem 174/ATW, Kampung Kamangi, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Senin (31/8/2010).

Bacaan Lainnya

“Sebelum berbuat pikirkan dulu, sesuaikan antara pikiran, naluri, dan nurani kita, apabila baik lakukan, apabila merugikan personel atau satuan tinggalkan,” kata Brigjen TNI Bangun.

Danrem juga mengingatkan bahwa setiap pelanggaran atau perbuatan yang melanggar hukum akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Ia pun menyampaikan, bahwa kasus penyerangan yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI AD ke Mapolsek Ciracas dan Pasar Rebo, Jakarta Timur, merupakan perbuatan melanggar hukum.

“Untuk itu, tempatkan diri kita sebagai orang penting, penting bagi keluarga dan satuan kita. Jaga diri masing-masing agar tidak terlibat dalam perbuatan yang melanggar hukum,” jelasnya.

Ia juga meminta dengan tegas kepada para prajurit TNI agar tidak sewenang-wenang dan arogan dalam bertindak. Apalagi Polisi dan TNI adalah dua institusi negara yang memiliki kewajiban untuk mempertahankan negara dan menjaga ketertiban masyarakat. Seharusnya, sinergitas antar keduanya harus ditingkatkan, bukan malah saling berkelahi.

Ditambah lagi, ia mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19, keamanan dan ketertiban menjadi hal yang sangat penting dan krusial.

“Jangan mengedepankan arogansi dalam berbuat, sinergitas TNI-Polri harus tetap dijaga. Tetap jaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya. []

Pos terkait