Walau Setuju PSBB, Uki Tetap Sayangkan Cara Anies

  • Whatsapp
Dedek Prayudi
Dedek Prayudi.

Inisiatifnews.com – Mantan juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi (Uki) menyatakan bahwa dirinya sangat sepakat dengan ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi COVID-19.

“Overal, aku sih setuju PSBB ya, tapi kalau kayak gini caranya, yang ada cuma ngelahirin debat politik doang,” kata Uki, Jumat (11/9/2020).

Bacaan Lainnya

Hanya saja, ia sangat menyayangkan cara Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ketika mengeluarkan statemen rencana kebijakan tersebut.

Demografer muda itu menilai, cara Anies ugal-ugalan ketika menetapkan PSBB tanpa terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan pihak lain, baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lainnya, khususnya daerah yang menjadi wilayah penyangga DKI Jakarta.

“Memang penetapan PSBB-nya ugal-ugalan sih mas. Mosok seluruh stakholders, baik vertikal (yakni) pemerintah pusat dan horizontal (yakni) pemerintah kota atau provinsi tetangga pada gak terkomunikasiin dengan baik,” sesalnya.

Padahal menurutnya, kebijakan suatu kepada daerah tidak bisa serta merta dikeluarkan tanpa mempertimbangkan aspek lain. Dan kebijakan tersebut juga harus terkonsolidasi agar bisa diterapkan dengan baik dan maksimal.

“Public policy 101. Setiap kebijakan yang efektif adalah kebijakan yang teradministrasi di internal birokrat dengan baik,” tuturnya.

Dan Uki menyatakan, ketika kebijakan yang tidak teradministrasi dengan baik tersebut nantinya gagal, dan kemudian malah dijadikan senjata untuk menyalahkan pihak tertentu, maka ia tak akan memaafkan Anies Baswedan.

“Kalau kegagalan kebijakan ini kemudian akan dipakai sebagai peluru menyerang pihak lain, saya gak bisa memaafkan pak Anies lagi,” tegasnya. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait