Kasus Foto Kolose Maruf Amin-Kakek Sugiono, MUI Tanjungbalai Pecat Sulaiman Marpaung

  • Whatsapp
sulaiman marpaung
Sulaiman Marpaung.

Inisiatifnews.com – Oknum Ketua MUI tingkat kecamatan di Tanjungbalai, Sulaiman Marpaung, diberhentikan dari jabatannya.

Pemecatan ini dilakukan usai Sulaiman ditangkap terkait unggahan kolase Wapres KH Ma’ruf Amin dengan Shigeo Tokuda alias Kakek Sugiono di akun sosial medianya.

Bacaan Lainnya

Dan pemecatan ini dilakukan berdasarkan informasi dari Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungbalai, Abdul Rahim kepad wartawan setelah melakukan rapat.

“Hasil rapat, (Sulaiman Marpaung) diberhentikan,” kata Abdul Rahim, Jumat (2/10/2020).

Dia mengatakan posisi Sulaiman akan diisi pelaksana tugas. Dia belum menjelaskan detail ada tidaknya sanksi lain yang diberikan ke Sulaiman.

“Untuk sementara wakil ketua sebagai pelaksana,” tuturnya.

Sebelumnya, Sulaiman mengunggah foto Ma’ruf yang disandingkan dengan bintang porno Jepang, Shigeo Tokuda alias ‘Kakek Sugiono’ di akun Facebook bernama Oliver Leaman S. Unggahan itu kemudian dihapus dan Sulaiman meminta maaf.

Namun, tangkapan layarnya sudah beredar. GP Ansor Tanjungbalai kemudian melaporkan kasus ini ke Polres Tanjungbalai. Penyelidikan pun dimulai.

Sulaiman kemudian ditangkap pada Jumat (2/10) oleh tim dari Bareskrim Polri. Dia ditangkap berdasarkan laporan nomor LP/B/0561/IX/2020/Bareskrim tertanggal 30 September 2020.

Dia diduga melanggar Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Polisi menyebut Sulaiman diduga mengunggah kolase itu karena marah atas pernyataan Ma’ruf. Namun, belum dijelaskan detail pernyataan mana yang dimaksud. []

Pos terkait