Minimalisir Banjir, Kelurahan Gandaria Utara Bersih-bersih Drainase

Petugas PPSU Kelurahan Gandaria Utara melalukan tugas bersih-bersih drainase. [foto : Istimewa]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Menjelang datangnya musim penghujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, di mana ketika intensitas hujan yang cukup tinggi sering menyebabkan terjadinya banjir di sebagian titik wilayah Jakarta.

Untuk meminimalisir terjadinya genangan air tersebut, petugas dan masyarakat di kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan bersih-bersih saluran drainase di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Lurah Gandaria Utara, Muhammad Hasan beserta jajarannya itu, menyisir wilayah yang berpotensi terjadinya banjir pada musim penghujan.

Muhammad Hasan, menjelaskan kegiatan ini selain arahan merupakan dari Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan melalui walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali, kegiatan bersih-bersih saluran air ini pun bertujuan untuk memastikan tidak ada tumpukan sampah yang bisa menyumbat jalanya laju air pada saat hujan turun.

“Selain dibersihkan dari sampah, sekaligus kita memetakan wilayah kita, yang mana sekiranya akan berpotensi terjadinya penyumbatan lajur air, sehingga terjadi banjir,” kata Hasan, Minggu (11/10/2020).

Ketika hujan cukup deras, sampah sekecil apapun mampu menjadi penyebab terjadinya banjir karena menyumbat aliran air di kawasan drainase.

Dan Hasan menyatakan bahwa kegiatan lingkungan ini akan terus dilakukan demi mengupayakan kawasan Gandaria Utara aman dari banjir.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami laksanakan demi menciptakan lingkungan yang sehat serta tidak menjadi akar masalah saat hujan datang,” terangnya.

Dokumen : Kelurahan Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbangpol) Kelurahan Gandaria Utara, Sri Saptarengga Djenan menyampaikan hal senada, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna meminimalisir terjadinya genangan di saat musim hujan.

“Kegiatan ini untuk membersihkan saluran air dari sampah yang menyumbat sehingga jalannya air menjadi tidak terhambat,” jelasnya.

Dia menambahkan, meskipun setiap hari pihaknya telah menginstruksikan kepada tim Penanganan Prasarana Dan Sarana Umum (PPSU) untuk mengontrol saluran air yang ada di wilayahnya, namun kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran dari masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dari masyarakat, agar ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Lebih lanjut pria yang karib disapa Pak Rengga ini menambahkan, kegiatan tersebut juga tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni 3M, menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan.

“Kegiatan ini tetap kita terapkan protokol kesehatan, agar tidak menjadi klater baru dalam penyebaran virus Covid-19,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Rengga menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepekaan masyarakat karena ikut terlibat aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah ikut terlibat dalam kegiatan seprti ini,” tandasnya.

“Antusiasme masyarakat cukup baik dalam kegiatan seperti ini, dan ini perlu diterapkan di wilayah lainya,” tutup Rengga. [AKBAR]

Pos terkait