Klarifikasi Atas Pemberitaan Reses Anggota DPR RI Lasarus

  • Whatsapp
IMG 20201017 WA0031
Acara reses Desa Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu, 10 Oktober 2020, dikemas dalam kampanye Calon Bupati Sintang, nomor urut 3 atas nama Yohanes Rumpak yang diusung PDIP, dihadiri 1.700 orang, tapi tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Saya Andy, Ketua Panitia Acara Reses Anggota DPR RI Lasarus, SSos, Msi, di Desa Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang pada 10 Oktober 2020.

Terkait berkembangnya pemberitaan di beberapa media siber online antara lain:

SINDOnews (https://nasional.sindonews.com/read/199220/12/reses-ketua-komisi-v-dpr-abaikan-protokol-kesehatan-satgas-diminta-tegas-1602907843)

InisiatifNews (https://inisiatifnews.com/daerah/2020/10/17/74915/satgas-covid-19-diminta-proses-klaster-ketua-komisi-v-dpr-di-sintang/)

Independensi (https://independensi.com/2020/10/17/klaster-covid-19-di-sintang-kejahatan-kemanusiaan/)

Media siber diatas yang menyebutkan bahwa dalam acara reses Anggota DPR RI tersebut tidak mengindahkan protokol kesehatan sehingga menimbulkan kluster Covid-19 baru di Sintang, dan telah terjadi kampanye terselubung Pilkada Bupati Sintang, maka dengan ini kami perlu meluruskan fakta-fakta sebagai berikut:

Bahwa telah terjadi klaster Covid-19 baru setelah dilaksanakannya acara reses tersebut seperti diberitakan beberapa media siber online itu adalah tidak benar. Faktanya adalah dalam pelaksanaan acara tersebut, kami telah menjalankan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi tempat acara berlangsung.

Dalam pemberitaan disebutkan telah terjadi penambahan 62 orang positif hasil swab setelah menghadiri reses adalah fitnah dan menyesatkan. Faktanya jumlah temuan Covid-19 di Sintang sudah naik sebelum 10 Oktober 2020 dan itu dapat dikonfirmasi akurasinya kepada pihak yang memiliki otoritas yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Tuduhan itu sama sekali tidak benar, apalagi dilontarkan oleh orang (Sdr. Tobias Ranggie) yang saat kegiatan berlangsung tidak berada di lokasi, tapi berada di Kota Pontianak yang jaraknya 400 km.

Reses Anggota DPR RI Lasarus itu dilaksanakan dalam rangka menghimpun aspirasi masyarakat adalah agenda rutin dan kali ini kebetulan dilaksanakan di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Yang hadir adalah tokoh masyarakat, aktivis, ASN, pimpinan organisasi massa, pemangku adat (Dewan Adat Dayak), termasuk Sekretaris Jendral Majelis Adat Dayak Nusantara Yakobus Kumis. Dan kami meyakini tidak ada nama Sdr. Tobias Ranggie dalam daftar hadir tersebut. Turut hadir pula pihak pengawas pemilu yakni Bawaslu Kabupaten Sintang dan kepolisian.

Kami memastikan tidak ada kegiatan kampanye kandidat calon Bupati Sintang, tidak ada umbul-umbul, dan tidak ada penyampaian visi-misi calon Bupati sebagaimana definisi kampanye politik. Untuk lebih jelas dapat mengkonfirmasi kepada pihak Bawaslu Sintang.

Kami berharap pemberitaan terkait kegiatan reses tersebut yang telah diplintir dapat diluruskan kembali. Karena ini sangat menyinggung harkat, martabat dan kehormatan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus. Kami juga berharap masyarakat agar tetap tenang dan mewaspadai gerak-gerik orang-orang yang mencoba mengambil keuntungan dari fitnah ini.

Terima Kasih

ANDY (0821 5382 9494)

PHP Dev Cloud Hosting