Anies Baswedan Umumkan Positif Covid-19

  • Whatsapp
IMG 20201201 111222
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengumumkan bahwa dirinya terjangkit COVID-19.

Ia mengatakan, swab test dilakukannya usai mendapatkan kabar bahwa Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkena Covid-19 dari jaringan kluster keluarga.

Bacaan Lainnya

“Pada hari Minggu saya menjalani swab antigen, hasilnya negarif. Hari Senin 30 November saya jalani PCR sebagai konfirmasi hasil antigen sebelumnya, malamnya dini hari saya dapat kabar positif, hasil PCR saya positif Covid-19,” kata Anies dalam keterangan terbukanya, Selasa (1/12/2020).

Ia mengatakan bahwa informasi ini sengaja disampaikan agar ada antisipasi dan tindakan dini oleh siapapun yang telah berinteraksi langsung dengannya beberapa hari terakhir ini.

“Saya sampaikan hari ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan, seperti isolasi mandiri atau test swab,” ujarnya.

Bagi siapapun yang usai berinteraksi dengan dirinya, agar segera menghubungi puskesmas terdekat untuk dilakukan medical check up.

“Silahkan hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap. Tim tracing dinkes akan menghubungi semua yang memiliki kontak erat dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tuturnya.

Walaupun terpapar COVID-19, Anies Baswedan mengaku sehat bugar dan tanpa adanya gejala.

Alhamdulillah kondisi saya saat ini baik, tidak ada gejala,” terangnya.

Hanya saja, berdasarkan saran dokter, ia mengatakan akan melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

“Setelah konsultasi dengan dokter dan sesuai dengan arahannya, saya akan menjalani isolasi mandiri dan ikuti prosedur pengobatan oleh tim medis,” paparnya.

“Saya akan tetap bekerja dari rumah, bekerja secara virtual, memimpin rapat-rapat secara virtual. Dan memang sejak bulan Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual dan insya allah tidak akan ada gangguan dalam pengambilan keputusan begitu juga dalam proses pemerintahan,” imbuh Anies.

Sementara ia berada di rumah dinas sendirian untuk keperluan isolasi mandiri, orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengatakan, bahwa seluruh keluarganya baik istri dan anak-anaknya akan tinggal di rumah pribadi.

“Isolasi mandiri saya akan dilakukan di rumah dinas, saya tinggal sendiri dan keluarga akan tinggal di rumah pribadi,” sebutnya. [NOE]


Pos terkait