Bongkar Seluruh Atribut FPI di Petamburan, Kapolres Jakpus Pastikan SKB Terlaksana

  • Whatsapp
plang FPI dibongkar
Proses penurunan plag FPI di Jl Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari Rabu 30 Desember 2020.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Hari ini Polres Metro Jakarta Pusat dibantu oleh pasukan TNI dan Satpol PP melakukan aksi penertiban seluruh atribut Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto menyampaikan, bahwa aktivitas pihaknya di Petamburan tersebut untuk menjalankan SKB 220-4780 Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Kami ini ada di Jl Petamburan III untuk meyakinkan bahwa SKB yang telah ditandatangani bahwa kegiatan FPI mulai hari ini tidak boleh dilakukan, baik banner, pamflet dan atribut lainnya sudah kita lepas termasuk kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Kombes Pol Heru dalam keterangannya di Petamburan III, Rabu (30/12/2020).

Ia menyatakan bahwa dirinya bersama dengan Dandim 0501 Jakarta Pusat akan memastikan tidak ada atribut atau kegiatan yang mengatasnamakan FPI di kawasan mereka.

“Kami yakinkan mereka tidak ada kegiatan lainnya. Saya dan Dandim akan selalu mengawasi bahwa SKB yang telah ditandatangai terlaksana,” tegasnya.

Kemudian, Kombes Pol Heru juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengamankan sekitar 7 orang ke Mapolda Metro Jaya. Mereka akan diminta keterangannya terkait dengan aktivitas mereka di Petamburan III.

“Yang kami amankan, identitasnya baru kami tanyakan saja, tidak ada penangkapan dan lainnnya tidak ada. Ada 7 orang dibawa ke Polda,” ujarnya.

Selanjutnya, proses pencopotan atribut FPI tersebut juga dibantu oleh warga sekitar. Memang proses penertiban atribut ormas terlarang itu diimbau dilakukan oleh warga sekitar sendiri. Dan faktanya mereka juga mau terlibat dalam aksi penurunan seluruh atribut ormas bentuhan Habib Rizieq Shihab itu.

“Yang lepas mereka sendiri, warga sendiri. Jadi kita imbaunya mereka sendiri yang melepaskan. Sebentar lagi ini mau selesai,” paparnya.

Terakhir, Kombes Pol Heru juga melarang adanya aktivitas apapun yang mengatasnamakan FPI, termasuk rencana konferensi pers yang bakal dilakukan oleh Munarman.

“Tidak boleh ada konpres. Mereka tidak boleh berkegiatan. Seluruh Indonesia FPI dibubarkan, tidak ada atribut yang ditempel atau apapun,” tutupnya. [NOE]


Pos terkait