Anies Bakal Maksimalkan Satgas COVID-19 di Tingkat RW

  • Whatsapp
anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengajak kepada seluruh pihak untuk jaga Jakarta dari semakin maraknya wabah COVID-19.

Ia menilai bahwa salah satu upayanya adalah dengan memaksimalkan tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di tingkat yang paling kecil yakni Rukun Warga (RW).

Bacaan Lainnya

Dengan keberadaan Satgas COVID-19 di tingkat RW ini, Anies menganggap bisa memberikan peranan penting, khususnya untuk menekan laju penyebaran virus di tingkat keluarga, serta menyiapkan langkah lanjutan jika ada yang terpapar.

“Satgas COVID-19 terutama pada tingkat RW yang sudah ada akan lebih kami maksimalkan, terlebih mereka telah berpengalaman selama hampir setahun,” kata Anies dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

Satgas COVID-19 di tingkat RW ini juga akan dimaksimalkan untuk mengupayakan penekanan kasus COVID-19 di kalangan keluarga. Apalagi, saat ini klaster keluarga menjadi penyumbang besar dalam peningkatan kasus COVID-19.

“Nantinya, mereka juga akan fokus menjangkau dan menekan terjadinya klaster keluarga, karena klaster keluarga menyumbang 566 klaster, setelah klaster perkantoran sebesar 312 klaster,” tandasnya.

Anies juga kembali menekankan terkait pentingnya konsolidasi lintas sektoral dan integral dengan daerah sekitar Jakarta guna menanggulangi laju penyebaran COVID-19. Terlebih, jika melihat data per 24 Januari, di mana sebanyak 24 persen pasien yang dirawat di faskes DKI merupakan warga Bodetabek dan Luar Jabodetabek.

“Di Jakarta ini ada suasana di mana warga merasakan bahwa ada yang mengkhawatirkan terhadap penyebaran COVID-19, sehingga itu akan meningkatkan kewaspadaan kita,” terangnya.

Orang nomor satu di Provinsi DKI Jakarta itu berharap rasa tanggungjawab itu bisa dimiliki oleh semua stakeholder yang ada di Jakarta, sehingga kasus COVID-19 benar-benar bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Dan kami berharap, suasana ini juga dirasakan warga di luar Jakarta, sehingga tanggung jawab untuk menanggulangi dan mencegah paparan COVID-19 dapat dilakukan bersama-sama,” tutupnya. []


Pos terkait