Ramalan Politik Jerry Massie : Karier Anies Baswedan Redup di 2022

  • Whatsapp
anies baswedan
Anies Rasyid Baswedan.

Inisiatifnews.com – Pengamat politik dari lembaga Political and Public Policy, Jerry Massie memprediksi bahwa tahta Anies Rasyid Baswedan bakal terancam dan bisa tersingkir dari persaingan di Pilkada DKI Jakarta tahun 2022 mendatang jika tetap diselenggarakan.

Salah satu alasannya adalah potensi politik Anies kemungkinan bakal meredup karena tak memiliki panggung politik dan kendaraan partai tertentu.

Bacaan Lainnya

“Bisa dia kehilangan kursi,” kata Jerry dalam keterangan persnya yang dikutip oleh Inisiatifnews.com, Jumat (29/1/2021).

Sementara tiket partai politik akan dipegang oleh duo penantang beratnnya saat ini, yakni Ahmad Riza Patria yang merupakan politisi Partai Gerindra. Kemudian ada juga Tri Rismaharini yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial dan kader aktif PDI Perjuangan.

“Alasannya, tiketnya bakal diambil alih Riza Patria, sedangkan lawannya adalah mantan wali kota Surabaya Tri Rismaharini,” jelasnya.

Di pilkada tahun 2017, Anies yang waktu itu duet dengan Sandiaga Uno sekalipun tak melakukan manuver politik dengan pendekatan personal ke partai pendukungnya, yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Karena itu pula lah, Jerry menilai peluang eksklusifitas Anies di mata partai politik khususnya yang mengusungnya di Pilkada DKI tahun 2017 cenderung kurang.

Kemudian menurut Jerry, peluang yang bisa diambil Anies saat ini adalah bagaimana melakukan pendekatan kepada partai yang masih tersisa, yakni Nasdem, PAN dan PKS kembali.

“Kemungkinan nanti tinggal Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), dan PKS yang masih mendukung Anies,” tandasnya.

Di sisi lain, manuver Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur yakni Ali Lubis juga berpotensi menjadi batu sandungan bagi Anies Baswedan di kemudian hari.

“Serangan ketua Gerindra Jakarta Timur adalah bentuk perlawanan terhadapnya,” ujar Jerry.

Lalu bagaimana dengan potensi di Pilpres 2024?

Pesimisme Anies bisa sukses melenggang ke Istana di Pilpres 2024 juga masih sangat besar. Betapa tidak, ada tiga nama besar yang menurut prediksinya akan menjadi batu sandungan juga bagi mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta ini.

“Dia bakal tergusur dari Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo maupun Ridwan Kamil,” paparnya.

Jika Anies melirik PKS sebagai kendaraan politiknya, Jerry juga merasa pesimis.

“PKS pun bakal pikir-pikir untuk mencalonkannya. Memang kemenangan Anies lantaran didongkrak Sandiaga Uno. Bisa jadi Sandiaga kan dipersiapkan Gerindra untuk DKI 1,” ucapnya.

Oleh karena itu, berdasarkan prediksi politiknya, karir Anies akan meredup di tahun 2022 mendatang.

“Kemungkinan karier politik Anies meredup setelah 2022 lantaran, apalagi gurita PDIP dan Gerindra cukup luar biasa,” pungkasnya. []


Pos terkait