6-7 Februari, Warga Jabar Diminta di Rumah Saja

  • Whatsapp
Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Mohammad Ridwan Kamil. [foto : Nurlaila]

Inisiatifnews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa provinsi Jabar juga akan menerapkan kebijakan akhir pekan di rumah saja pada 6 dan 7 Februari 2021 untuk menekan mobilitas penduduk sekaligus mengendalikan pandemi Covid-19.

Ridwan Kamil menyebut Jawa Barat sebagai salah satu daerah yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tentunya harus ikut kebijakan “weekend di rumah saja”.

Bacaan Lainnya

“Jadi kelebihan PPKM ini kebijakannya sama, kalau Jawa Tengah di rumah saja weekend, itu artinya itu arahan sama dari pemerintah pusat untuk Banten, DKI, Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali melakukan hal yang sama,” kata Ridwan Kamil dalam diskusi KPCPEN, Kamis (4/2/2021).

RK menilai kebijakan PPKM selama dua pekan pertama justru efektif diterapkan di Jabar, terlihat dari masyarakat yang makin disiplin protokol kesehatan, yang berimplikasi pada penurunan jumlah kasus sehingga beban rumah sakit menjadi lebih ringan.

“Jadi yang betul adalah PPKM ini berhasil meningkatkan kedisiplinan dari 50 persen ke 80 persen, menurunkan ruang isolasi berarti yang sakit makin tidak banyak dari sempat 80 ke 69 persen, kemudian kalau kasus aktif masih debatable karena kami mendapati kasus kami cenderung datar dan turun,” ucapnya.

RK berharap masyarakat Jabar bisa terus mempertahankan kedisiplinan protokol kesehatan agar PPKM bisa sedikit diperlonggar dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa berjalan kembali dengan protokol ketat. []

Pos terkait