Lakukan Penyekatan Covid-19, Aparat Gabungan Sidoarjo Periksa Semua Kendaraan Melintas

  • Whatsapp
WhatsApp Image 2021 02 12 at 14.01.28
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat melakukan pengecekan terhadap identitas pengendara mobil. [foto : Istimewa]

Sidoarjo, Inisiatifnews.com – Antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di saat libur panjang akhir pekan yang bersamaan dengan Tahun Baru Imlek, Jumat (12/2/2021), kendaraan bernopol luar kota Sidoarjo diberhentikan oleh petugas dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan di beberapa perbatasan Kabupaten Sidoarjo dengan wilayah lain.

Setelah diberhentikan petugas, pengendara diperiksa identitas diri dan tujuannya kemana untuk keperluan apa. Kemudian selanjutnya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tes rapid antigen.

Bacaan Lainnya

Bagi masyarakat luar kota yang hasil rapidnya reaktif, maka langkah berikutnya adalah dibawa ke tempat karantina atau isolasi di Delta Sinar Mayang, Sidoarjo.

Penyekatan pada Jumat (12/2/2021), untuk kendaraan bernopol luar kota Sidoarjo, berlangsung di Pos Lantas Waru, depan Pusdik Sabhara Porong, Bypass Krian, juga diberlakukan tes rapid antigen terhadap penumpang bus dari luar kota di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan, pihaknya bersama Forkopimda Sidoarjo mulai 12 Februari 2021 sampai dengan 14 Februari 2021 melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat dari luar kota Sidoarjo melalui identifikasi nopol kendaraan.

“Setelah kami hentikan, pengendara maupun penumpangnya kami periksa identitas diri dan suhu tubuhnya. Jika dari identitas dirinya berasal dari luar kota, maka kami lakukan tes rapid antigen kepada yang bersangkutan, yang reaktif langsung kami bawa ke tempat isolasi,” kata Sumardji.

Tindakan rapid test kepada para pengendara dari luar kota tersebut, menurut Kapolresta Sidoarjo sebagai upaya mencegah penyebarluasan Covid-19 di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Khususnya di saat libur panjang akhir pekan bersamaan Tahun Baru Imlek. Diharapkan masyarakat mematuhi peraturan pemerintah dan protokol kesehatan dalam rangka mempercepat penangan Covid-19.

Dari data Polresta Sidoarjo, untuk rapid tes antigen mulai pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang di empat titik akses masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo tersebut, total sebanyak 430 warga dari luar kota dilakukan rapid. Hasilnya terdapat 3 orang yang reaktif dan harus melakukan isolasi di tempat yang disediakan Pemkab Sidoarjo di Delta Sinar Mayang. [KLD]

Pos terkait