Bangun Semangat Lawan Covid-19, Pemda NTB Resmikan Kampung Sehat

  • Whatsapp
lomba kampung sehat di NTB
Acara simbolis peluncuran Lomba Kampung Sehat di NTB.

Inisiatifnews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar acara lomba kampung sehat nurut tatanan baru jilid 2.

Program ini merupakan upaya forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) NTB untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam menjalankan protokol kesehatan demi melawan pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB, Danrem 162/Wira Bhakti, beserta Forkopimda dan Kapolres serta j ajarannya atas dukungan dan kerjasamanya pada gelaran Kampung Sehat pertama hingga yang kedua ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Kadikes NTB, Forkopimda, Kapolres, jajaran Polda NTB, atas dukungannya pada program Kampung Sehat ini,” ucap Kapolda Iqbal dalam sambutannya di Lapangan Tenis, Mako Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (18/2/2021).

Dikatakan jenderal polisi bintang dua itu, bahwa masyarakat adalah kunci penting agar NTB segera bebas dari wabah virus korona, hanya saja mereka tidak bisa menjalankannya sendiri-sendiri. Sehingga butuh pula kerjasama yang baik dari seluruh elemen, baik pemerintah, aparat keamanan dan seluruh masyarakat yang ada.

“Kampung Sehat ini adalah semangat untuk menjadikan peran aktif masyarakat sebagai kunci keberhasilan penanganan Covid-19 dan pemerintah daerah, TNI dan Polri sebagai motivator, fasilitator dan supervisor di NTB,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menganggap, bahwa program ini sangat tepat untuk diadakan kembali, sebab beberapa kali berkeliling ke desa-desa banyak ditemukan warga yang masih tidak takut dengan korona sehingga banyak dari mereka yang masih mengabaikan protokol kesehatan.

Apalagi di NTB sendiri, banyak pasien yang kehilangan harapan ketika dia terjangkit oleh Covid-19. Sementara dalam program sebelumnya, Kampung Sehat pertama masih dirasakan oleh orang nomor satu di NTB ini.

Oleh karena itu, ia berharap melalui program Kampung Sehat jilid 2 ini seluruh desa-desa menjadi indah kembali dan penerapan protokol kesehatan tetap bisa dijalankan oleh masyarakat.

“Semoga dengan adanya kampung sehat dua ini, kerapian dan indahnya desa serta penerapan protokol kesehatan bisa tetap ditegakkan,” kata Gubernur.

Sementara itu, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengungkapkan, bahwa dirinya berserta dengan jajaran TNI di NTB akan mendukung penuh program Kampung Sehat jilid 2 ini.

Rencananya, minggu depan ia akan menuju ke Sumbawa dan menginap di sana dalam rangka melakukan langkah-langkah membantu masyarakat memulihkan ekonominya dan menekan angka penyebaran Covid-19 di NTB.

“Sekalian itu kami rencananya akan membuka lahan di Sumbawa untuk pengembangan Sorgum,” jelasnya.

Untuk menyukseskan Kampung Sehat Jilid 2 ini pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan seluruh jajarannya di NTB, termasuk Babinsa yang tersebar di seluruh NTB.

“Kami sudah persiapkan langkah-langkah untuk menyukseskan Kampung Sehat jilid 2 ini,” tegasnya.

Lomba Kampung Sehat ini akan berlangsung selama 3 bulan, yakni mulai 10 Februari sampai 20 Mei 2021. Beberapa bidang yang menjadi indikator pelaksanaan kampung sehat kali ini adalah bidang kesehatan, keamanan, dan ekonomi kreatif dengan mengedepankan motivator, fasilitator dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di NTB.

Selain itu juga lomba ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat NTB semakin produktif. []

Pos terkait