Masih Terendam Banjir, Exit Tol Bitung Ditutup Sementara

  • Whatsapp
exit tol cikupa
Exit Tol Bitung. [foto : TMC Polri]

Inisiatifnews.com – Exit Tol Bitung di Tol Jakarta-Tangerang ditutup sementara. Hal itu dikarenakan adanya genangan air.

“Untuk informasinya benar untuk keluar Bitung kondisinya ditutup sementara, dikarenakan ada genangan air di luar tol-nya,” ujar petugas call center Jasa Marga, Nugroho, ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu (21/2/2021).

Bacaan Lainnya

Genangan terjadi di exit Tol Bitung tepatnya di KM 26+500. Nugroho memastikan tidak ada penutupan lajur di dalam tol. Hanya saja, pengendara yang hendak menuju exit Tol Bitung dialihkan.

“Exit (tol) Bitung bisa dialihkan ke (exit tol) Cikupa ya,” jelas Nugroho.

Belum diketahui tinggi genangan air. Nugroho memastikan tidak ada kepadatan kendaraan karena penutupan ini.

Sementara itu, Induk PJR Tol Bitung, Tangerang, menutup sementara tol Bitung menuju Jakarta dengan mengalihkan pengendara melintasi tol Cikupa pada Sabtu (20/2) kemarin.

“Sementara kami lakukan penutupan jalur keluar pintu Tol Bitung sejak pukul 09.45 WIB,” kata Kepala Induk PJR Tol Bitung, Kompol Adri Birawasto dikonfirmasi.

Dia menjelaskan, penutupan tol Bitung menuju Jakarta dilakukan sejak pukul 09.45 WIB, akibat banjir merendam jalur keluar tepatnya di kolong tol dengan ketinggian 80 sentimeter.

“Jadi untuk kendaraan golongan I dan II sulit untuk melewati medan,” jelasnya.

Penutupan di jalur keluar Tol Bitung, tersebut, tidak hanya bagi kendaraan golongan I dan II, Adri menjelaskan, penutupan juga dilakukan petugas karena adanya kendaraan golongan III dan IV yang mogok hingga menyebabkan jalur setempat tersendat total.

Dia menerangkan, pengendara yang akan melintas bisa melalui beberapa jalur lain yang menjadi alternatif jalan menuju Jakarta.

“Untuk kendaraan yang akan mengarah keluar melalui pintu Tol Bitung akan diarahkan menuju Tol Cikupa, lalu menuju kawasan Pasar Kemis. Ini kami lakukan untuk mencegah adanya kemacetan panjang, karena memang sampai saat ini, dengan adanya penutupan kemacetan juga telah terjadi di arah pintu keluar Tol Cikupa, karena antrean kendaraan. Dan untuk pintu masuk, masih berjalan lancar,” tutupnya. []

Pos terkait