Beredar Cek E-Tilang, Sambodo : Sistem Belum Sempurna

  • Whatsapp
Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, bahwa sistem cek status tilang elektronik (e-Tilang) yang sempat beredar di media sosial sebenarnya masih belum sempurna. Sejauh ini, pihaknya masih melakukan uji coba terhadap pemutakhiran sistem itu.

“Itu sebetulnya memang sedang kita buat, tapi itu kita masih sempurnakan, makanya saya belum merilis secara resmi,” kata Sambodo kepada wartawan di Cakung, Jakarta Timur, Jumat (26/3/2021).

Bacaan Lainnya

Ia meminta agar masyarakat menunggu rilis secara resmi saja dari pihaknya untuk memastikan penggunaan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tersebut.

“Saya juga belum menyampaikan apa-apa soal itu. Saya belum berani (sampaikan) karena masih trial and error. Kalau sudah kita yakin (sistem) itu sudah kuat, baru kita rilis,” ujarnya.

Ia juga sedikit menyayangkan bahwa produk yang belum sempurna itu bisa beredar terlalu cepat di kalangan masyarakat.

Namun begitu, ia tetap mengimbau bagi masyarakat yang melakukan uji coba sistem tersebut, agar tidak terlalu kaget jika namanya tidak muncul. Bisa jadi karena sudah terekam di dalam database namun belum bisa muncul karena sistem masih dalam tahap penyempurnaan.

“Ini belum dirilis resmi rapi sudah beredar. Saya takutkan nanti dia (masyarakat) masukin nomor mesin dan nomor rangka statusnya tidak ada dan dia pikir dia tidak kena tilang, padahal sistem itu belum sempurna,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa di kalangan masyarakat dan pengguna sosial media, banyak yang sudah menerima broadcast tentang sistem ETLE milik Polda Metro Jaya itu.

Berikut adalah isi broadcast yang dimaksud :

Apakah kalian melanggar Etle alias elektronik tilang.

Check datanya : klik link Etle ini :

https://etle-pmj.info/id/check-data

Masukan data yang ada di STNK seperti :

1.Masukan No.Pol.
2.Masukan No.Mesin
3.Masukan No.Rangka.

Setelah data dimasukan dengan benar ‘ tekan CEK DATA ‘ apabila ada pelanggaran maka akan keluar datanya ‘ bila tidak ada pelanggaran maka tulisannya DATA TIDAK DITEMUKAN / DATA NO AVAILABLE tidak ada pelanggaran Etle/elektronik tilang

Ayo dicoba…

Pos terkait