Sidang Habib Rizieq Diwarnai Kerumunan Pendukungnya

  • Whatsapp
IMG 20210326 154439
Massa pendukung Habib Rizieq berhamburan saat dibubarkan paksa oleh aparat Kepolisian karena berkerumun dan melanggar protokol kesehatan di PN Jakarta Timur pada hari Jumat 26 Maret 2021. [foto : Inisiatifnews]

Jakarta, Inisiatifnewe.com – Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar persidangan untuk mendengarkan eksepsi atau nota keberatan dari terdakwa kasus kerumunan, Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab.

Agenda persidangan digelar secara langsung di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Hal ini terjadi setelah sebelumnya, majelis hakim mengabulkan permohonan Habib Rizieq melalui tim kuasa hukumnya agar persidangan digelar secara offline.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, dalam catatannya, hakim ketua Suparman Nyompa memberikan syarat kepada Habib Rizieq agar patuh pada protokol kesehatan selama persidangan digelar, termasuk di dalamnya tidak menimbulkan kerumunan.

Sayangnya, berdasarkan pantauan langsung dari Inisiatifnews.com di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada hari Jumat 26 Maret 2021, ratusan pendukung Habib Rizieq mendatangi PN Jakarta Timur dan menimbulkan kerumunan.

Kejadian itu berlangsung usai kegiatan salat Jumat, sejumlah massa yang didominasi pemuda secara bergerombol dan masif berjalan menuju ke kawasan JPO Sumarno yang ada di sebelah kiri Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Kedatangan mereka langsung mendapatkan respon dari aparat Kepolisian. Beberapa kali aparat pun mengimbau agar massa membubarkan diri agar tidak menimbulkan kerumunan. Apalagi, tidak adanya kerumunan sudah menjadi syarat yang diberatkan oleh majelis hakim kepada Habib Rizieq dalam pengabulan permohonan sidang secara offline itu.

Namun, beberapa kali imbauan Kepolisian secara persuasif tidak diindahkan oleh massa. Hingga akhirnya, tampak aparat membubarkan paksa massa yang masih bersikukuh bertahan di sekitar depan PN Jakarta Timur.

Akibat pembubaran paksa itu, massa pun berlarian untuk menyelamatkan diri. Kemudian, diketahui dua orang dari mereka diamankan oleh Kepolisian untuk diproses intensif di Polres Metro Jakarta Timur.

Hingga berita ini diterbitkan, acara sidang di PN Jakarta Timur masih berlangsung. Agenda sidang hari ini adalah pembacaan eksepsi terhadap empat perkara, tiga diantaranya berkaitan dengan Habib Rizieq.

Perkara yang diproses di PN Jakarta Timur antara lain ; perkara nomor 221 dengan lokus Petamburan, perkara nomor 226 dengan lokus Megamendung. Kemudian perkara nomor 222 dengan lokus di Petamburan dan perkara nomor 223 dengan lokus Rumah Sakit Ummi Bogor.

Pos terkait