1.392 Personil Gabungan Amankan Sidang Habib Rizieq Hari Ini

  • Whatsapp
IMG 20210330 WA0024
Apel gelar pasukan di depan PN Jakarta Timur pada hari Selasa 30 Maret 2021.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan menyampaikan beberapa hal kepada para aparat keamanan gabungan dari unsur TNI dan Polri dalam agenda pengamanan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sementara agenda di PN Jakarta Timur adalah persidangan Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab dan beberapa terdakwa dari eks petinggi Front Pembela Islam (FPI) dalam kasus kerumunan.

Bacaan Lainnya

“Pagi ini kita mengikuti apel kekuatan personil pengamanan sidang Habib Muhammad Rizieq Shihab dan kawan-kawan, situasi saat ini secara nasional ada kenaikan eskalasi, terjadinya ledakan bom dan penangkapan teroris,” kata Kombes Pol Erwin dalam apel gelar pasukan di depan PN Jakarta Timur, Selasa (30/3/2021).

Karena adanya ekskalasi pengamanan akibat pasca ledakan bom bunuh diri di Makassar, ia meminta agar keamanan diperketat lagi.

“Dengan situasi tersebut, kita menjaga situasi agar tetap kondusif, manfaatkan sikap individu terhadap pengamanan dan keselamatan diri,” ujarnya.

Kepada siapapun orang yang datang ke PN Jakarta Timur dan dinilai mencurigakan, ia meminta agar ada pemeriksaan fisik demi memaksimalkan penjagaan.

“Hal terkecil yang kita lakukan sesuai undang-undang adalah memeriksa seseorang, menanyakan identitas seseorang dengan aturan pasal 5 KUHP ayat 1,” terangnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol Erwin juga meminta seluruh anggota tidak membawa senjata api dalam menjaga keamanan. Namun instruksi ini dikecualikan bagi para anggota yang sudah mendapatkan perintah khusus.

“Para pamdal (pengamanan dalam) mengecek dan mendisiplinkan anggota, jangan membawa senjata api, kecuali untuk mereka yang mendapatkan instruksi,” tuturnya.

Saat ini dalam pengamanan sidang Habib Rizieq, ada sekitar 1.392 personil gabungan telah disiagakan. Dan berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa posko kemanusiaan yang diisi oleh tim medis dari Polri disiagakan. Termasuk diantaranya berada di bawah JPO Soemarno.

Pos terkait