Kabinda Papua Meninggal Dunia

  • Whatsapp
I Gusti Putu Danny Nugraha
Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya telah meninggal dunia dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Beoga, Puncak, Papua. Jenazah Brigjen Putu segera dievakuasi.

“Betul, beliau gugur, akibat ditembak KKSB pada jam 15.30 WIT di Beoga. Saat ini jenazah masih berada di Beoga, sementara masih kita monitor terus, rencana besok baru kita evakuasi,” kata Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono kepada wartawan, Minggu (25/4/21).

Bacaan Lainnya

Peristiwa itu disebut terjadi sore hari ini. Namun Yogo mengaku belum mendapatkan laporan detail karena terhalang komunikasi.

“Ini juga belum tahu, karena komunikasi masih terputus dan saya juga baru dapat informasi awal, sementara kita juga masih dalami, karena komunikasi juga masih terputus antara Beoga dengan Ilaga, Ilaga dengan di sini (Jayapura),” ucap Yogo.

Rencananya Yogo akan bertolak ke Timika esok hari untuk evakuasi Brigjen Putu. Jenazah saat ini belum dievakuasi.

“Jenazah belum dapat dievakuasi. Besok rencananya saya akan ke Timika untuk memonitor,” ucapnya.

Kabar gugurnya prajurit TNI tersebut juga dibenarkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri.

“Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Irjen Pol Mathius.

Seperti diketahui, kondisi Beoga di Kabupaten Puncak, Papua sempat memanas karena ulah KKB. Selama bulan April, sejumlah orang tewas dan bangunan dirusak oleh mereka.

KKB Papua menembak masyarakat sipil di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (8/4). Akibatnya, seorang guru SD atas nama Oktavianus Rayo (43) tewas dalam penembakan itu.

KKB di Papua juga membakar tiga sekolah di Kabupaten Puncak. Pembakaran dilakukan sore hari usai penembakan terhadap guru SD

Penembakan oleh KKB kembali terjadi di kawasan Kabupaten Puncak, Papua, pada Jumat (9/4). Seorang guru SMP bernama Yonathan Randen tewas akibat penembakan tersebut.

Seorang pengemudi ojek dibunuh oleh KKB di Kampung Eromaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Rabu (14/4). Korban bernama Udin (41) dibunuh dengan cara ditembak di area Pasar Ilaga. []

Pos terkait