Anies Baswedan Ingin Sepeda Bukan Sekedar Alat Olahraga, Tapi Transportasi Harian

  • Whatsapp
anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan hari ini mengikuti kegiatan kampanye Hari Bersepeda Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Juni.

Dalam kegiatannya kali ini, Anies melakukan gowes sepeda bersama dengan beberapa duta besar negara-negara sahabat.

Bacaan Lainnya

“Merayakan #HariBersepedaSedunia dengan gowes bersama komunitas @B2WIndonesia dan para Duta Besar negara sahabat,” kata Anies di akun twitter pribadinya @aniesbaswedan, Kamis (3/6/2021).

Di kegiatan tersebut, Anies pun bermaksud ingin mengampanyekan kegiatan bersepeda tidak hanya sebagai sarana olahraga semata, melainkan lebih dimanfaatkan sebagai sarana transportasi harian bagi masyarakat luas.

“Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi sehari-hari, bukan hanya kegiatan olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, duta besar Denmark, Lars Bo Larsen mengaku sangat menikmati kegiatan gowes sepeda yang dijalankan oleh Anies Baswedan itu. Apalagi pada dasarnya, aktivitas bersepeda sebenarnya menjadi kegemarannya.

“Saya orangnya suka bersepeda dan itu tidak masalah di saat gerimis pun tetap dilakukan,” kata Lars Bo Larsen.

Bahkan ia mengaku sangat senang dengan udara pagi di Jakarta yang dianggapnya sangat segar. Sehingga walaupun gerimis melanda saat itu, ia tetap bergembira.

“Meskipun ada perasaan berbeda di saat musim penghujan, tapi saya suka udara segar saat pagi hari. Saya tentu menikmati bersepeda bersama Gubernur Anies Baswedan,” terangnya.

Tidak hanya sekedar bersepeda bersama saja, dirinya dan beberapa Dubes negara-negara sahabat Indonesia pun mendapat penjelasan dari Anies Baswedan tentang ruang-ruang terbuka publik dan fasilitas transportasi yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Saat berkendara bersama, saya menikmati penjelasan beliau dalam memperlihatkan tempat ruang terbuka publik sekaligus fasilitas transportasi umum yang terus diupayakan tetap terintegrasi,” paparnya.

Kemudian, salah satu duta besar negara sahabat yang ikut gowes bareng adalah Duta Besar Kanada, Cameron MacKay. Kepada media, ia mengaku sangat senang bersepeda di Jakarta.

“Saya menyukai bersepeda di Jakarta, jika kita memikirkan kota ini, Jakarta adalah kawasan Metropolitan yang besar. Di kota ini tersedia area terbuka hijau, kita bisa berjalan kali menikmati suasana di trotoar, bisa juga dengan bersepeda,” jelas Dubes Cameron.

Dia juga menilai, Jakarta sangat berpotensi sebagai kota besar sebagai tujuan berwisata, berbisnis, dan berinvestasi. Hal ini lantaran Pemprov DKI Jakarta konsisten menjaga beberapa kawasan tetap hijau di area perkantoran, seperti menyediakan fasilitas transportasi umum yang berkualitas, serta keamanan hak pejalan kaki tetap terjaga.

“Saya mengapresiasi Gubernur Anies yang telah menjalankan tugasnya untuk meminimalisir kemacetan yang terjadi di Jakarta,” ujarnya. (MIB)

Pos terkait