Anies Panen Raya di Sumedang : Beras Untuk Suplai PD Pasar Jaya

  • Whatsapp
anies dan bupati sumedang
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat melakukan panen bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengikuti kegiatan panen raya bersama para petani di desa Merakwangi. Kegiatan panen tersebut pun, Anies didampingi dengan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

“Alhamdulillah, pagi tadi melakukan panen raya bersama Bupati Sumedang, Pak Dony Ahmad Munir di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat,” kata Anies Baswedan, Jumat (11/6/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Anies, bahwa Sumedang adalah salah satu daerah yang menjadi lumbung padi di pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

“Sumedang merupakan salah satu lumbung penghasil beras,” ujarnya.

Orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu menyebut, bahwa persawahan di kawasan Sumedang ini menjadi lahan yang akan menghasilkan beras-beras terbaik untuk dipasok ke Jakarta.

“Memasok kebutuhan pangan warga Jakarta, melalui PT. Tjipinang Food Station sebagai penyuplai dan PD. Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut,” imbuhnya.

Ditegaskan Anies, bahwa panen raya ini merupakan bagian dari upaya serius dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan pangan di kawasan Ibukota Indonesia itu.

“Kegiatan panen ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerjasama daerah terutama di sektor pangan,” tandasnya.

anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat bersalaman dengan salah satu petani di persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. [foto : Istimewa]

Beli beras langsung dari petani ini menjadi konsentrasi Anies Baswedan agar harga beras tetap stabil, serta para petani bisa menerima manfaatnya sebaik mungkin.

“Ini ikhtiar kita bersama semata-mata, agar di satu sisi, para petani di sini mendapakan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau,” terang Anies.

Supply and demand ini kata Anies merupakan simbiosis mutualisme yang harus dijaga dengan baik. Apalagi ia juga menyebut bahwa Pemprov DKI Jakarta selalu ingin memastikan pasokan pangan selalu terjaga dengan baik.

“Setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, dikarenakan jumlah pasokan aman. Ini adalah cara kami masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, namun manfaatnya kita rasakan,” tuturnya.

“Semoga dengan kerja sama saat ini para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil, terima kasih pak Bupati dan para petani Sumedang,” pungkas Anies. []

Pos terkait