Ridwan Kamil Pastikan Kapasitas Tempat Tidur Pasien Covid-19 Aman

  • Whatsapp
ridwan kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan inspeksi rumah sakit di Bandung, Jawa Barat.

Inisiatifnews.com – Gubernur Jawa Barat, Mohammad Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa Pemprov Jawa Barat telah menambah jumlah kapasitas tempat tidur untuk menampung para pasien Covid-19.

Jumlah yang disediakan ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus dan warga yang harus dirawat karena terjangkit virus korona.

Bacaan Lainnya

“2.400 tempat tidur baru sekarang ini ditambahkan untuk menangani pasien Covid-19 di Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil saat inspeksi kesiapan penambahan TT di RSUD Al Ihsan dan RSUD Oto Iskandar Dinata yang masih gres, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/6/2021).

Dengan penambahan kapasitas tempat tidur ini, pria yang karib disapa Kang Emil itu menyebut, ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 berada di titik aman.

“2.400 tempat tidur ini menambahi dari rata-rata 20% menjadi 30% dari total 54 ribu tempat tidur di RS seluruh Jawa Barat,” ujarnya.

Sehingga kata Kang Emil, total ketersediaan tempat tidur secara keseluruhan di Jawa Barat menjadi 70 persen.

Ridwan Kamil
Foto : Twitter/RidwanKamil.

Namun demikian, ia tetap berharap besar jumlah kasus penularan Covid-19 tidak semakin meluas, sehingga kapasitas tempat tidur tidak lagi over load.

“Jadi tidak betul istilah “RS akan kolaps”, karena saat ini masih ada 70% tempat tidur yang belum dikonversi untuk pasien covid. Semoga tidak kejadian,” tandasnya.

Kemudian, Kang Emil juga mengatakan bahwa seandainya pun jumlah tempat tidur yang telah ditambahkan yakni 2.400 bed masih kurang juga, pihaknya akan menambahkan lagi jumlah tempat tidur bahkan sampai 40% atau kalau perlu dinaikkan ke 50-60% dari total kapasitas.

“Termasuk dimulainya RS darurat maupun konversi hotel menjadi ruang isolasi,” ungkapnya.

Pun demikian, penambahan jumlah tempat tidur ini bukan prioritas utama. Melainkan bagaimana upaya bersama agar warga di Jawa Barat tidak ada lagi yang terjangkit virus korona.

Makanya saat ini Pemprov Jawa Barat sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengatur kegiatan masyarakat agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

“Semoga masih terkendali melalui 30% kapasitas tempat tidur Rumah Sakit. Dan semoga makin lebih terkendali di minggu-minggu mendatang melalui PPKM mikro dan makin disiplinnya kita dalam menjalankan prokes 5M,” pungkasnya. []

Pos terkait