Kerja Bakti, Semua Pihak Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp
PPSU Gandaria Utara.
Foto : Istimewa

Jakarta, Inisiatifnews.com – Sejumlah anggota TNI dari Satuan Peralatan Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD) melaksanakan bakti sosial dengan aksi bersih-bersih saluran air yang bisa berpotensi memicu banjir.

Pelaksana Tugas (PLT) Kasie Ekonomi dan pembangunan (Ekbang) Ana Onzia mengatakan, bahwa aksi tersebut sebenarnya tidak cukup jika masyarakat sekitar tidak peka dan peduli terhadap kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Pentingnya peran dari seluruh pihak untuk ikut terlibat dalam menjaga kebersihan, terlebih untuk tidak membuang sampah atau benda apapun ke dalam saluran atau kali,” kata Ana, Jumat (29/10).

Lokasi kerja bakti ini dilakukan di sungai Grogol yang berlokasi di jalan H. Mahali, Kelurahan Gandaria Utara. Kegiatan tersebut memang difokuskan untuk membersihkan jalur drainase dari sampah dan sendimen yang mampu menyebabkan pendangkalan kali.

Selain tumpukan sampah yang dibuat sembarangan oleh masyarakat, salah satu penyebab adanya banjir karena meningginya sendimen yang ada di sungai.

“Pendangkalan yang sering terjadi di saluran air sering menyebabkan air menjadi meluap, karena daya tampungnya memang sudah semakin sedikit,” jelasnya.

Dijelaskan oleh Ana, bahwa aksi kerja bakti ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi luapan air dan banjir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk antisipasi datangnya musim hujan,” tambahnya.

Di dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh KOSTRAD tersebut, tim PPSU kelurahan Gandaria Utara juga diterjunkan ke lokasi untuk membantu agar kegiatan tersebut bisa lebih ringan dijalankan.

Hadir pula di dalam kegiatan tersebut adalah sekretaris kelurahan Gandaria Utara, Nurmiati.