Hari Pahlawan, FORKAD Galang Pertahankan NKRI dari Radikalisme

  • Whatsapp
FORKAD
Forum Kalijodo (FORKAD).

Jakarta, Inisiatifnews.com – Semangat peringatan Hari Pahlawan disikapi oleh para relawan Forum Kalijodo (FORKAD) dengan kegiatan diskusi dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan (10/11).

Tema kegiatan mereka tahun ini adalah “Bangsa Yang Besar Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya”. Hal ini diutarakan oleh koordinator nasional FORKAD, Richard Sukarno. Menurutnya, tema dan kegiatan pihaknya ini sebagai media untuk melakukan refleksi bersama terhadap berbagai perjuangan keras para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Hari pahlawan menjadi refleksi bagi para relawan FORKAD untuk meneruskan perjuangan persatuan dan keutuhan NKRI. Membangun mentalitas para relawan untuk menjaga nilai Pancasila lebih utama dari pada kepentingan politik lainnya,” kata Richard, Rabu (10/11).

Menurutnya, hasil dari perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia saat ini memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah inflitrasi paham radikal, intoleran, hingga terorisme. Ancaman ini dianggapnya sangat berbahaya karena berpotensi merusak keutuhan NKRI.

“Para relawan mendukung pemerintah dengan menjadi pahlawan di garis terdepan dalam menentang segala bentuk paham radikalisme dan polarisasi politik yang memecah rakyat Indonesia. Kemunculan kelompok intoleran dan fenomenan politik identitas yang haus akan kekuasaan adalah musuh bersama,” tegasnya.

Oleh karena itu, Richard pun menyerukan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk memastikan Pancasila dan NKRI tetap utuh dan jauh dari gangguan para pengusung paham yang berpotensi memunculkan distorsi terhadap bangsa dan negara.

“Mengajak para relawan dengan semangat para pahlawan untuk merangkai keindahan Kebhinekaan Tunggal Ika berproses memiliki jiwa nasionalis Indonesia dan merevolusi mental. Demi tercapainya kemajuan Indonesia dengan mendukung segala kebijakan Pemerintah yang baik bagi masyarakat,” tambah Richard.

Dalam kegiatan kelompok FORKAD tersebut juga didukung oleh kelompok relawan Garuda Indonesia Jaya (GIJ), Persaudaraan Relawan Indonesia (PERI), dan Banteng Kedaton Prov. Banten.

Pos terkait