Di Hadapan Ormas se Kabupaten Jepara, Dian Ajak Jangan Kendur Prokes

  • Whatsapp
Dian Kristiandi
Bupati Jepara, Dian Kristiandi.

Jepara, Inisiatifnews.com – Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Jepara untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Dian saat menyampaikan sambutannya dalam silaturahmi dengan ormas se-Kabupaten Jepara yang digelar di Pendopo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Senin (15/11).

Bacaan Lainnya

“Kami meminta masyarakat tidak abai dan tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun capaian vaksinasi sudah lebih dari 50 persen,” kata Dian.

Bagi Dian, saat ini Pemkab Jepara masih memfokuskan diri bagaimana agar herd immunity bisa tercapai dengan baik.

Namun ia menegaskan bahwa upaya itu tidak bisa dijalankan sendiri oleh pemerintah, akan tetapi perlu peran aktif seluruh masyarakat di semua lapisan untuk mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

“Upaya kita membangun kekebalan komunal semakin menunjukkan perkembangan yang baik. Meskipun demikian, kita semua tidak boleh abai dan harus tetap berprotokol kesehatan. Karena dengan itulah kita bisa memperbaiki kondisi pandemi yang saat ini masih terjadi,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama pula, Dian mempresentasikan hasil pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya. Berdasarkan data per tanggal 14 November 2021, capaian vaksinasi tahap 1 sudah lebih dari 51,2 persen. Sedangkan untuk vaksinasi lansia sudah lebih dari 42,3 persen. Jika merujuk pada Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021, Jepara seharusnya sudah berada di PPKM Level 2.

“Kami mengingatkan jika sampai akhir tahun ini, kita masih punya target vaksinasi tahap 1 sebesar 70 persen dan 60 persen untuk lansia,” imbuhnya.

Sementara itu, sampai dengan Minggu (14/11), jumlah kasus aktif di Jepara tinggal 6 kasus yang tersebar di enam kecamatan. Artinya ada 10 kecamatan di kota ukir yang berstatus bebas kasus.

Kabupaten Jepara saat ini bahkan sudah berada di zona resiko rendah atau kuning. Dian pun mengapresiasi kepada semua pihak termasuk ormas yang ikut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di kota ukir tersebut.

“Kita menyadari jika kondisi Covid-19 yang sudah semakin membaik ini, bukan hasil kerja dari pemerintah semata. Melainkan peran dari semua elemen, termasuk swasta dan ormas,” ucapnya.

Terakhir, Dian juga berharap semangat penanggulangan pandemi Covid-19 melalui peran serta aktif seluruh masyarakat di Jepara juga tak bisa dilepaskan dari peran para ormas yang ada. Ia harap seluruh ormas di Jepara ikut aktif melakukan monitoring dan edukasi kepada masyarakat.

“Betapa pentingnya peran ormas dalam mewujudkan masyarakat madani. Ormas menjadi salah satu pilar demokrasi, selain pemerintah dan swasta. Ketiga elemen dasar demokrasi ini harus saling mendukung, bekerjasama agar upaya mewujudkan civil society atau masyarakat madani bisa terwujud,” pungkasnya.

Pos terkait