BMKG Cabut Peringatan Tsunami di NTT

Dwikorita Karnawati
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Inisiatifnews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan M7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT). Peringatan itu resmi dicabut pada pukul 13.24 WITA.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan peringatan tsunami tersebut dicabut dua jam usai peringataan dini tersebut dirilis. Dia mengatakan, tak ada pertanda tsunami sejak pengumuman itu disampaikan pada 11.30 WITA.

Bacaan Lainnya

“Kejadian tadi 11.30 WITA dan sekarang sudah 2 jam dari kejadian, pukul 13.24 WITA dan tidak terdeteksi adanya kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir,” kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Selasa (14/12).

BMKG meminta pemerintah daerah untuk segera mengumumkan pencabutan ini, dan mengimbau masyarakat untuk kembali ke tempat masing-masing.

Dwikorita meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi situasi saat ini. Dia juga meminta warga tetap waspada karena masih terjadi beberapa gempa susulan.

“Kami mohon karena gempa susulan masih terjadi, masyarakat dimohon menghindari bangunan retak atau rusak diakibatkan gempa,” tuturnya.

Sebelumnya, BMKG memberikan peringatan dini tsunami usai terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 7,5 di NTT.

Pos terkait