Bupati Lumajang Anggarkan Rp1,5 M Bangun Gereja dan Masjid

thoriqul haq
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

LUMAJANG, Inisiatifnews.com – Pemerintah Kabupaten Lumajang bakal membangun bangunan gereja dan masjid secara berdampingan.

“Jadi pembangunan gereja ini tetap dilanjutkan dan akan segera diproses,” kata Thoriqul dalam keterangannya, Selasa (4/4).

Bacaan Lainnya

Gereja yang akan dibangun akan berdampingan dengan masjid yang diberi nama Masjid Ghoiru Jami’. Yakni masjid yang tidak digunakan untuk kegiatan shalat Jumat.

Bahkan pendampingan masjid dan gereja ini adalah sebuah gagasan dan konsep tentang moderasi beragama di lingkungan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Konsep pembangunan yang ide dan gagasannya adalah konsep moderasi beragama,” ujarnya.

Menurut Thoriqul, pembangunan Masjid dan Gereja yang ada di Dusun Krajan Timur, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tersebut sudah melalui musyawarah dan kesepakatan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dipimpinnya secara langsung.

Baik tokoh agama Islam dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemuka agama Kristiani yakni pendeta sudah menyepakati pembangunan kedua rumah ibadah itu. Dan ia pun menyatakan bahwa pembangunannya sudah sesuai dengan Undang-Undang dan aturan yang ada.

“Semua berpendapat, Majelis Ulama Indonesia berpendapat, tokoh-tokoh agama, pemimpin gereja,” jelasnya.

Karena menggunakan konsep moderasi beragama, maka baik Masjid maupun Gereja nanti akan dipisahkan dengan sebuah halaman bersama yang juga dijadikan sebagai jalan.

“Jadi nanti gereja dengan masjid itu bersebelahan yang dipisah oleh halaman dan itu yang dijadikan jalan,” tandasnya.

Terakhir, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyatakan bahwa pembangunan baik gereja maupun masjid akan menggunakan APBD Kabupaten Lumajang tahun anggaran 2023 yang diprakirakan mencapai Rp1,5 miliar. Ia pun berjanji proses pembangunannya akan dilakukan berbarengan baik masjid maupun gereja.

“Pembangunan Gereja ini anggarannya dari APBD tahun ini 2023, insya Allah akan segera kita lanjutkan pembangunannya,” tegasnya.

Pos terkait