APKLI Minta Pedagang dan UMKM Kembali Bekerja

IMG 20180822 001708
Presiden Gumregah Nusantara dr. Ali Mahsun Atmo, M. Biomed.

Inisiatifnews.comKetua Umum DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), Ali Mahsun Atmo menyerukan kepada para pedagang dan penggerak Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) untuk kembali beraktivitas dan bekerja sekalipun pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Hanya ada satu jalan bagi rakyat bertahan hidup dan tidak mati kelaparan, yaitu segera bekerja, berjualan dan berusaha,” kata Ali Mahsun dalam keterangannya kepada Inisiatifnews.com, Sabtu (4/7/2020).

Bacaan Lainnya

Apalagi berdasarkan data faktual dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2020, di mana omzet mayoritas pelaku UMKM anjlok.

“95% UMKM omzet anjlok dan keuntungan drastis turun 75%,” ujarnya.

Di samping itu, ia menyampaikan bahwa sektor UMKM yang jumlahnya 61 juta atau 98% dari total unit usaha menghidupi ratusan juta penduduk di negeri ini tidak boleh mengalami kebangkrutan permanen. Demikian pula juga terhadap 127 juta pekerja informal yang harus segera pulih kembali.

Apalagi sejauh ini, ia berpandangan bahwa negara tidak mampu menjaga kehidupan rakyat dengan berbagai stimulus ekonomi dan bantuan sosialnya.

“Karena negara belum berdaya mencukupi kebutuhan pangan seluruh rakyat di negeri ini untuk hadapi wabah korona,” paparnya.

Oleh karena itu, Ali Mahsun pun menyerukan kepada semua pedagang kaki lima dan UMKM kembali bekerja, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Apapun risikonya, taati protokoler kesehatan,” seru Ali Mahsun. [NOE]

Pos terkait