Kolaborasi Jadi Solusi Pertahankan Bisnis Di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Perluas Lini Bisnis Di Masa Pandemi Miniso Hadirkan Sistem Digital
Ilustrasi.

Inisiatifnews.com /strong> Bisnis tidak bisa berjalan sendirian di tengah pandemi. Perlu adanya kolaborasi agar di masa sulit ini bisnis tetap berjalan lancar. Setidaknya kolaborasi akan mempertahankan bisnis agar tidak bangkrut.

Kolaborasi tersebut dilakukan oleh MINISO. Perusahaan Fast Fashion retail itu melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan enabler penyedia solusi e-commerce terpadu.

Sebagai e-commerce enabler yang sudah berpengalaman, Jet Commerce dipercaya dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daring milik MINISO. Kerja sama yang dijalin sejak April lalu itu turut menjawab tantangan dalam mengelola bisnis di e-commerce selama pandemi.

Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager MINISO, menjelaskan pihaknya akan terus beradaptasi untuk menghadapi tantangan di masa pandemi ini.

“Kami ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah, serta pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu,” ujar Yingying Wu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/7/2020).

Pandemi nyatanya tidak selamanya memberikan dampak negatif. Pandemi COVID-19 juga telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat. Hal tersebut dibuktikan di laporan Badan Pusat Statistik bertajuk “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020”. Laporan tersebut menemukan terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320 persen pada Maret dan 480 persen pada April dibandingkan dengan Januari.

Melalui kerjasama ini, MINISO memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce. Layanan ini berfungsi untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.

Kerjasama ini juga memanfaatkan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya. Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan MINISO di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisa data inventaris dan penjualan produk MINISO dengan menggunakan Warehouse Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce.

“Melalui kerja sama ini kami akan mendukung pertumbuhan bisnis MINISO dengan memastikan kebutuhan pelanggan akan produk-produk MINISO terpenuhi dalam keadaan aman, dan dengan pengalaman berbelanja yang baik,” pungkas CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen. [MER]