Inilah Para Crazy Rich Indonesia Walau Dihantam Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
uang
Uang dolar. [source : usnews]

Inisiatifnews.com – Sejak bulan Maret 2020 hingga hari ini, Indonesia tengah mengalami masa-masa sulitnya. Bukan hanya soal wabah virus korona yang menyerang seantero negeri, ekonomi di dalamnya juga mulai menunjukkan titik nadirnya.

Betapa tidak, Indonesia kini merasakan sulitnya ekonomi mereka setidaknya setelah sempat mengalami resesi pertamanya di 1997. Perekonomian berkontraksi masing-masing 5,3% dan 3,5% secra turut temurut di kuartal kedua dan ketiga. Indeks saham acuan turun lebih dari 10% dalam 12 bulan terakhir. Kondisi ini jelas membuat setidaknya setengah dari 50 orang terkaya di Indonesia sempat mengalami penurunan kekayaan dari tahun lalu. Namun secara kolektif orang-orang super kaya (crazy rich) di Indonesia ternyata hanya turun 1,2% dari daftar tahun lalu menjadi $ 133 miliar.

Walaupun begitu, setidaknya dari 50 orang terkaya di Indonesia yang mengalami penurunan nilai kekayaan ini ada beberapa di antaranya mengalami kenaikan pendapatan dan meningkatkan nilai kekeyaan mereka.

Lalu siapa sih para crazy rich Indonesia yang memiliki kekayaan bertambah meskipun dilanda pandemi COVID-19 ini, berdasarkan majalah Forbes?

1. R. Budi dan Michael Hartono, bos perusahaan rokok Djarum tersebut kini memiliki kekayaan $ 38,8 miliar.

2. Keluarga Widjaja, konglomerat Sinar Mas menambahkan $ 2,3 miliar. Dan kini kekayaannya mencapai $ 11,9 miliar.

3. Prajogo Pangestu, kekayaan bos Barito Group tersebut merosot 21% menjadi $ 6 miliar.

4. Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah salah satu taipan yang ternyata mendapatkan keberuntungan di tengah pandemi COVID-19. Dengan melihat kekayaannya, yang ia bagi dengan keluarganya ternyata melonjak hampir 80% menjadi $ 1,4 miliar. Angka ini menjadi keuntungan terbesar dalam persentase tahun ini. Saham perusahaannya, Elang Mahkota Teknologi (Emtek), melonjak karena perusahaan tersebut lebih banyak menggunakan layanan e-commerce dan streaming.

5. Meningkatnya saham Emtek yang dialami oleh Eddy Kusnadi juga dirasakan oleh salah satu pendirinya. Dia adalah Susanto Suwarto untuk pertama kalinya di peringkat 50 dengan $ 475 juta. Insinyur elektronik dan telekomunikasi kelahiran Jakarta ini adalah satu dari tiga pendatang baru dalam daftar tersebut.

6. Saudara kandung Wijono dan Hermanto Tanoko, yang mengendalikan perusahaan cat swasta Avia Avian, memulai debut mereka dengan $ 700 juta.

7. Wajah baru ketiga adalah bankir veteran Jerry Ng. Dia mengakuisisi saham tahun lalu di Bank Jago, kemudian disebut Bank Artos, yang rencananya akan dia ubah menjadi bank digital.

8. Penerima berkah pandemi lainnya adalah Irwan Hidayat, di mana keluarganya Sido Muncul adalah pembuat jamu terbesar di Indonesia. Saham perusahaan naik karena penjualan produknya yang lebih tinggi, seperti obat flu Tolak Angin yang populer, meningkatkan kekayaan keluarganya 41% menjadi $ 1,55 miliar.