KSPI Minta THR 2021 Dibayarkan dan Tidak Dicicil

  • Whatsapp
Rupiah
Uang rupiah. [foto : Investor Daily]

Inisiatifnews.com – Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Ramidi Abdul Majid meminta kepada seluruh pengusaha untuk membayarkan tunjangan hari raya (THR) keagamaan 2021 kepada seluruh karyawannya.

Ia meminta juga kepada pemerintah untuk terus melakukan monitoring terhadap para perusahaan untuk membayarkan THR tersebut tanpa dilakukan dengan mekanisme diangsur.

Bacaan Lainnya

THR jangan pernah dicicil lagi. Komitmen pemerintah harus dikawal agar tidak ada THR dicicil,” kata Ramidi di Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Ia mengaku sangat mengapresiasi Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan (SE Kemenaker) yang diterbitkan oleh Ida Fauziyah. Namun begitu, ia meminta komitmen pemerintah tidak hanya sebatas lips service belaka, namun harus dikontrol dan direalisasikan dengan serius.

“Memang sudah ada SE menteri, tapi masih ada ruang dimungkinkannya dicicil. Walaupun menteri buka posko THR, kami minta ini efektif dan THR buruh tidak cicil. Semua buruh harus dapat THR sebelum lebaran,” tegasnya.

Sementara itu, ia juga menyebut bahwa KSPI dan federasi serikat pekerjanya di seluruh Indonesia juga akan membentuk pos komando (posko) yang bertujuan untuk menampung dan menindaklanjuti aduan para pekerja yang tidak mendapatkan haknya.

“Di daerah-daerah dan di kantor-kantor cabang, mereka buat posko,” terangnya. [NOE]

Pos terkait