Bupati Jepara Ajak ASN Jajan di Warung Warga

  • Whatsapp
nglarisi ukm
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat memamerkan produk olahan dari UMKM di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Inisiatifnews.com – Hari ini, Bupati Jepara, Dian Kristiandi telah merilis produk usaha mikro kecil dan menengan (UMKM) yang diberinama “Nglarisi UKM”. Program ini merupakan sebuah aplikasi yang dilengkapi dengan barcode untuk pemesanan dan transaksinya.

“Hari ini kita lunching aplikasi di Kabupaten Jepara, siapapun boleh pesan di situ, di aplikasi ‘Nglarisi UKM’, aplikasi penjualan produk UMKM berbasis scan barcode,” kata Dian, Jumat (20/8/2021).

Bacaan Lainnya

Disampaikan Dian, program aplikasi “Nglarisi UKM” ini setidaknya sudah menjaring 30 pelaku UMKM, masing-masing pengusaha setidaknya memiliki sekitar 3 buah produk. Beberapa produk olahan tersebut diantaranya nasi bakar, otak-otak, abon ikan, sambal hingga berbagai varian minuman mulai dari jus hingga susu kedelai.

“Jadi sudah ada sekitar 90 produk makanan dan minuman hasil dari teman-teman Jepara sendiri. Jadi ini akan memudahkan masyarakat yang ingin mencari makanan dan minuman produk Jepara,” jelasnya.

Ia pun mengajak para ASN untuk rajin jajan di UMKM tersebut. Para pengusaha yang tergabung di dalam program UMKM ini berjualan di sekitar lingkungan Pemerintah Kabupaten.

“Saya mengajak teman teman ASN di lingkungan Pemkab Jepara untuk banyak jajan atau belanja di warung-warung milik warga sekitarnya,” serunya.

Jajan di pengusaha UMKM ini menurut Dian bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar karena dampak dari pandemi Covid-19. Setidaknya, para ASN dianjurkan menyisihkan sebagian gajinya untuk bisa membeli jajanan di UMKM dan masyarakat sekitar.

“Supaya ASN menyisihkan sedikit gajinya untuk jajan di warung-warung maupun UMKM. Ini penting untuk menghidupkan sektor ekonomi di tengah pandemi seperti ini,” tuturnya.

Dalam launching porogram “Nglarisi UMKM” ini, Bupati Dian juga sekaligus melakukan olahraga bersepeda untuk mensosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat. Sekaligus pula, jajanan hasil membeli dari UMKM juga dibagikan kepada masyarakat lainnya.

“Jajan yang dibeli juga dibagi-bagikan kepada masyarakat lain,” pungkasnya.

Pos terkait