Tingkatkan Potensi Kader, GP Ansor Gelar Pelatihan UMKM Bareng BNI

UMKM GP Ansor
Kegiatan pelatihan UMKM yang digelar oleh PP GP Ansor bersama para kadernya di DKI Jakarta. [foto : Istimewa]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar pelatihan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk para kadernya se DKI Jakarta. Dalam pembekalan ilmu kewirausahaan ini, para kader Ansor Nahdlatul Ulama tersebut didampingi oleh PT BNI 46.

Menurut keterangan dari Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat GP Ansor, Addin Jauharudin, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka pemulihan ekonomi kader di tengah pandemi Covid-19 ini.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu kata Addin, Pimpinan Pusat GP Ansor berinisiatif untuk melakukan program-program yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh kader, dengan berkolaborasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah-satunya adalah program pelatihan pendampingan UMKM Ansor bersama BNI 46 tersebut.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan kader Ansor dan mengembangkan potensi UMKM yang sudah berjalan di Ansor,” ucap Addin Jauharudin di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (7/10).

Addin mengatakan, dalam situasi pandemi seperti ini, semua kadernya harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan pemulihan ekonomi, khususnya di sektor usaha kecil menengah.

“Kolaborasi program antara Ansor dan BNI ini tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas usaha baik dari sisi pemberdayaan manusia, akses pembiayaan, akses pasar, teknologi, maupun jaringan UMKM,” ujarnya.

Lanjut Addin, pihaknya sangat berharap bahwa UMKM Ansor bisa naik kelas, lebih berdaya, adaptif dan mampu menyerap tenaga kerja di lingkungannya masing-masing.

Selain itu, semangat membangkitkan ekonomi Ansor ini tidak terlepas dari cita-cita para pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yaitu semangat membangkitkan Nahdlatut Tujar. Jihad ekonomi ini menjadi penting dalam rangka memperkuat peran organisasi dan keumatan.

“Kami berharap kader-kader Ansor di DKI Jakarta dengan segala potensi yang dimiliki, mampu bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Usaha-usaha yang dilakukan kader Ansor DKI Jakarta seperti ; percetakan, kuliner, bisnis online, sektor informal dan kerajinan tangan mampu menembus pasar domestik yang lebih luas maupun pasar nasional,” pungkasnya.

Pos terkait