Uki Harap Presiden Pastikan UMKM Berdaya di Lingkungan Smelter Freeport Gresik

  • Whatsapp
Dedek Prayudi
Jubir PSI, Dedek Prayudi. [foto : twitter/Uki23]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Direktur eksekutif Centre for Youth and Population Research (CYPR), Dedek “Uki” Prayudi mengharapkan agar Presiden Joko Widodo bisa memperhatikan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di dalam proyek pabrik smelter PT Freeport Indonesia yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Menurutnya, keberadaan UMKM bagi masyarakat di sekitar lokasi smelter bisa menjaga ekosistem perekonomian masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

Bacaan Lainnya

“Jangan lupa untuk gandeng dan maksimalkan peran UMKM dalam ekosistem ekonominya, pak Jokowi,” kata Uki, Selasa (12/10).

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melakukan groundbreaking terhadap pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Diklaim Presiden, smelter ini akan menjadi pabrik pengolahan hasil tambang berupa tembaga yang terbesar di dunia.

“Tadi kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun,” kata Presiden dalam pidatonya di KEK Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bahkan dikatakan Presiden, proyek pembangunan smelter ini bisa menyerap sekitar 400.000 tenaga kerja baru. Angka ini diyakini Kepala Negara itu bisa bertambah jika pabrik sudah beroperasi.

Pos terkait