Anies Baswedan Harap WHC NU Kolaborasi dengan Jakpreneur Menduniakan UMKM Halal

Anies
Gubernur DKI Jakarta dan pengurus PWNU DKI Jakarta saat berada di peresmian World Halal Centre NU pada hari Kamis 17 Februari 2022.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mendukung peluncuran World Halal Centre Nahdlatul Ulama (WHC NU).

Alhamdulillah, kemarin turut menghadiri Peresmian World Halal Centre Nahdlatul Ulama (WHC NU) di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta,” kata Anies (18/2).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Anies, World Halal Centre Nahdlatul Ulama (WHC NU) adalah lembaga pendamping Proses Produk Halal (PPH) yang telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Lembaga ini berfokus kepada pendampingan pelaku usaha baik mikro, kecil, menengah, maupun besar untuk bersama-sama menjalankan syariat agama melalui kehalalan produk dengan menerapkan sistem jaminan halal.

Kemudian, Anies juga menyebut bahwa peluncuran lembaga ini adalah sesuai dengan lambang NU yang di dalamnya terdapat globe dunia, di mana semua elemen khususnya kaum Nahdliyyin harus punya kesadaran bahwa mereka merupakan warga kota, negara dan dunia.

Insya Allah, ini penanda bahwa PWNU jangkauannya mendunia. Dan langkah ini merupakan kelanjutan perjuangan dari para pendiri NU,” ujar Anies.

Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu mengatakan, bahwa pola lembaga WHC NU tersebut sama dengan Nahdlatul Hujjar yang pernah didirikan oleh Nahdlatul Ulama pada tahun 1918. Hanya saja saat itu masih fokus pada pengembangan ekonomi umat di lingkup daerah.

Sementara WHC NU yang diinisiasi oleh Pengurus Wilayah NU DKI Jakarta itu, Anies jelas sangat mendukung karena targetnya adalah masyarakat dunia.

“Kini, PWNU DKI melangkah lebih jauh dengan berperan di tingkat dunia,” terangnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan bahwa pandemi Covid-19 saat ini telah banyak memberikan dampak luar biasa pada usaha mikro dan ultra mikro. Tapi, di sisi lain, pandemi juga membuat pasar digital berkembang pesat.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta pun melakukan inovasi yakni meluncurkan program Jakpreneur yang agresif menjemput bola memberikan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sehingga kini sudah lebih dari 250 ribu UMKM yang tergabung dan mendapatkan manfaat.

Ia berharap, WHC NU ini akan menjadi mitra dan pelengkap dari upaya pengembangan Jakpreneur yang sudah ada di Jakarta tersebut.

“Hal tersebut akan semakin lengkap dengan adanya pendampingan terkait sertifikasi halal dari WHC NU, sehingga tinggal disinkronkan dengan program Jakpreneur yang ada,” tandasnya.

Lebih lanjut, dengan adanya sertifikasi halal yang berkelas internasional, Anies Baswedan berharap agar produk-produk UMKM Jakarta juga mendapatkan akses lebih luas ke pasar global, apalagi Jakarta akan terus berkembang sebagai kota internasional.

Pos terkait