Jika Kerukunan Agama Ala Madura Diterapkan, Mahfud MD: Akan Rukunlah Bangsa Indonesia

  • Whatsapp
mahfud md dan gerakan suluh kebangsaan di madura
Prof Mahfud MD bersama para cendekia dan kiyai usai kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan di Pondok Pesantren Annuqayah. [foto : istimewa]

Inisiatifnews – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Prof Mohammad Mahfud MD menilai bahwa Indonesia akan bersatu jika menerapkan pola toleransi, salah satu rujukannya adalah toleransi beragama yang dijalani oleh masyarakat Madura.

“Jika toleransi beragama ala Madura diterapkan di Indonesia, akan rukunlah bangsa Indonesia,” kata Prof Mahfud dalam akun twitternya @mohmahfudmd, usai mengisi acara Gerakan Suluh Kebangsaan dengan tema “Mengembangkan Budaya Toleransi Ala Masyarakat Madura” di Ponpes Annuqayah, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (4/2/2019).

Bacaan Lainnya

Pola toleransi masyarakat madura yang sampai saat ini masih berlangsung menurut Prof Mahfud adalah, terhindarnya gesekan sosial baik dalam segi pandangan dan pilihan politik bahkan gesekan fisik yang dilatarbelakangi oleh aspek agama.

“Masyarakat Madura yang mayoritas muslim umumnya sangat taat beragama tapi disana tak pernah ada kekerasan politik, fisik maupun psikis atas nama agama,” tuturnya.

[ibn]

Pos terkait