PBNU
Ketua Umum dan Sekjen PBNU umumkan hasil rukyatul hilal 1 Syawwal 1440 H.

Inisiatifnews – Tim dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hari ini telah melakukan pemantauan hilal di beberapa titik di Indonesia.

“Tim rukyatul hilal Pengurus Basar Nahdlatul Ulama atau Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada hari Senin tanggal 3 Juni 2019 atau 29 Sya’ban 1440 H telah melakukan rukyatul-hilal bil fi’li di beberapa lokasi rukyat yang lelah ditentukan dan tidak berhasil melihat hilal,” kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj dalam rilisnya, Senin (3/6/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Dengan demikian umur bulan Ramadlan 1440 H adalah 30 hari (Istikmal),” imbuhnya.

Atas dasar itulah, PBNU menetapkan bahwa 1 Syawwal 1440 Hijriyah jatuh pada hari Rabu 5 Mei 2019 nanti.

“Atas dasar Istikmal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al-Madzahibul Arba’ah. Maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan / memberitahuan bahwa awal bulan Syawwal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019 M,” tegasnya.

Kemudian Kiyai Said Aqil juga menyampaikan bahwa PBNU mengharapkan kepada para warga Nahdliyyin untuk menyempurnakan puasa Ramadhan 1440 H hingga hari ke 30 Besok.

“Kapada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” imbuhnya.

“Semoga Ibadah puasa kita dan rangkaian ibadah Iainnya salama bulan Ramadlan diterima Allah SWT den semoga pula amaliyah bulan Ramadlan bisa berlanjut pada bulan-bulan berikutnya,” tutupnya.

[NOE]

space iklan