Mahfud MD
Gerakan Suluh Kebangsaan silaturrahmi dengan mantan Wapres Try Sutrisno. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Prof Mahfud MD menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga dengan Indonesia yang merupakan negara besar.

“Bangga kita punya Indonesia yang secara geografis dan demografis kaya dan besar,” kata Mahfud saat bertemu dengan Try Sutrisno di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Mahfud secara tegas tak ingin negara tercerai-berai begitu saja dengan adanya persoalan ideologi. Dan bagi Mahfud, persoalan itu yang sangat mendasar harus dijaga di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga :  Berkemeja Putih, Mahfud MD Ke Istana

“Jangan sampai lepas dari value ideologi negara. Itu yang fundamental,” ujarnya.

Maka dari itu, menyikapi persoalan di Indonesia harus dengan sikap yang tepat dan bijak. Salah satunya adalah persoalan Papua.

“Menyelesaikan Papua harus bijak, ada benih-benih separatis yang menggerogoti kesetiaan nasional saudara-saudara Papua,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Try Sutrisno juga mengingatkan hal senada. Penyelesaian persoalan bangsa harus melihat aspek keamanan dan persoalan dasar yakni kesejahteraan.

Baca juga :  Mahfud Diminta Jadi Menteri Jokowi

“Kita harus menjaga. Goncangan bisa terus datang. Tapi harus ingat, menyelesaikannya harus dalam koridor. Tujuan kita pospority dan security. Jangan sampai pecah,” tutur Try Sutrisno.

Mantan Wakil Presiden Indonesia ke 6 itu meminta agar persoalan Papua harus memastikan hak asasi dan demokrasi tetap dijaga dengan baik.

“Teruslah menyekesaikan masalah ini dalam keseimbangan ‘demokrasi’ dan ‘integrasi’, dan antara ‘HAM’ dan ‘KAM’,” tegasnya. []

space iklan