Canda Mahfud Saat Pamit Mengajar di UII, “Dosen Kerjaan Tetap, Menteri Sambilan”

  • Whatsapp
20191028 130315
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof. Mahfud MD pamit rehat sebagai pengajar di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Mahfud MD mendatangi Kantor Badan Wakaf UII Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Senin (28/10/2019). Tiba di Kantor Badan Wakaf UII sekitar pukul 10.30 WIB, mantan Menteri Pertahanan ini disambut Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Suwarsono Muhammad dan jajaran rektorat, serta sejumlah dekan UII. Kemudian, mereka menuju Lantai 2 kantor Badan Wakaf UII.

Bacaan Lainnya

Mahfud lantas menuju ruang sidang Badan Wakaf UII untuk melakukan pertemuan tertutup.

“Pertama silaturahim dengan Pimpinan Badan Wakaf UII sekaligus minta izin rehat kepada Pimpinan UII, melalui Pak Suwarsono selaku Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf yang membawahi Universitas, karena sudah resmi bertugas sebagai Menkopolhukam RI,” kata Mahfud MD di Kantor Badan Wakaf UII Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Senin (28/10/2019).

Mahfud menyatakan, sebagai Menko pembantu Presiden Jokowi, dia menyadari kesibukannya akan bertambah. Sehingga, tugas dia sebagai pengajar berpotensi tidak rutin seperti dulu.

Ia masih tetap bisa mengajar, namun hanya bisa ke Kampus UII di awal dan di akhir masa perkuliahan. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini tidak bisa intens datang ke kampus seperti dulu lagi.

“Saya beri tahu bahwa sekarang jadi menteri bakal lebih jarang datang untuk memberi kuliah. Tidak seperti dulu bisa sebulan sekali, bahkan seminggu sekali. Kemudian tadi dalam pertemuan, saya bercerita tugas-tugas saya, cuma itu. Jadi saya ya mengurangi kegiatan kuliah,” kata Guru Besar Fakultas Hukum UII itu.

Meski demikian, Mahfud menegaskan hingga kini dirinya masih berstatus dosen aktif di Kampus UII Yogyakarta. Bagaimanapun, dosen dan pengajar adalah pekerjaan tetapnya. Sementara Menkopolhukam hanya sambilan.

“Oh iya masih dosen. Kerjaan tetapnya kan dosen, kerja menteri itu kan sambilan,” candanya sembari tersenyum kepada pewarta.

Pakar hukum tata negara ini memang sejak dulu aktif sebagai akademisi. Dia menjadi dosen di Fakultas Hukum UII sejak tahun 1984. Sejumlah jabatan di Kampus ini pernah didudukinya. Dari mulai Sekretaris Jurusan Hukum Tata Negara, Pembantu Rektor I, hingga Direktur Pascasarjana UII. Selain di UII, Mahfud juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Islam Kediri pada tahun 2003-2006.

Setelah pamitan ke kampusnya, Mahfud juga menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono (HB) untuk juga pamitan sebagai Ketua Parampara Praja.

Seperti diketahui, Mahfud MD saat ini adalah Ketua Parampara Praja untuk peridoe 2016-2021. Lembaga ini bukan lembaga struktural di pemerintahan DIY. Semacam lembaga non pemerintahan, lembaga pertimbangan dan penasihat gubernur dan wakil gubernur DIY. (INI)

Pos terkait