Rizieq
Habib Rizieq tunjukkan dokumen yang diklaim sebagai surat pencekalannya.

Inisiatifnews – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD telah menerima salinan surat dari pengacara Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq bin Shihab.

Akan tetapi, Mahfud menegaskan, surat tersebut bukanlah surat pencekalan dari pemerintah Indonesia, seperti yang diklaim oleh Habib Rizieq.

Sekadar informasi, dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Habib Rizieq memperlihatkan sebuah surat yang diklaimnya surat pencekalan. Surat tersebut, diklaim Habib Rizieq, bikin dia tidak bisa pulang ke Tanah Air. 

“Itu yang dikirim ke saya bukan surat pencekalan. Bukan alasan pencekalan. Tapi surat dari imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian, dilarang keluar Arab Saudi karena alasan keamanan,” kata eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

Artinya, lanjut Mahfud, persoalan Habib Rizieq bukanlah permasalahan antara pemerintah Indonesia, melainkan dengan pemerintah Arab Saudi.

“Itu berarti kan urusan dia dengan Arab Saudi. Bukan urusan dia dengan kita (pemerintah Indonesia). Nah, kalau ada (surat pencelalan) yang dari kita, tunjukkan ke saya,” tandas Mahfud.

Guru Besar Fakultas Hukum UII Yogyakarta ini pun heran Habib Rizieq mengklaim pemerintah Indonesia mencekalnya. Selain itu, dalam surat dari Pemerintah Arab Saudi tersebut, tak ada sama sekali penjelasan yang mengatakan, Habib Rizieq dilarang keluar atas permintaan pemerintah Indonesia. Dalam surat tersebut, hanya tertulis Habib Rizieq dilarang meninggalkan Arab Saudi karena alasan keamanan.

“Enggak ada penjelasannya. Begitu aja suratnya. Kan sama, kamu mau masuk bandara, orang mau masuk bandara, lalu kamu dilarang keluar karena masalah ini, enggak ada penjelasannya,” terang dia.

Karena tak ada urusannya dengan pemerintah Indonesia, Mahfud menegaskan pemerintah tak akan berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi. Termasuk soal bantuan pemulangan Habib Rizieq. “Enggak. Itu urusan dia dengan pemerintah Arab Saudi,” tegasnya. (FMM)

space iklan