Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Menko Polhukam Mahfud MD hari ini berkunjung ke Tanah Papua. Dalam kunjungan kerjanya, Mahfud bertemu dan berdialog dengan tokoh masyarakat serta tokoh adat Papua di Jayapura. Dialog diikuti sekitar 80 tokoh dari seluruh kabupaten dan kota sert seluruh wilayah adat Papua. 

Puluhan tokoh masyarakat dan adat Papua menyambut baik upaya Menko Mahfud MD membuka dialog dengan masyarakat Papua. 

Mahfud MD mengungkapkan, pemerintah sangat terbuka terhadap upaya dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat Papua.

“Saya datang untuk berdialog dengan para tokoh untuk mendengarkan apa usulnya, apa masukannya. Agar hari esok kita semua lebih baik dan lebih leluasa dalam bekerja. Mari kita menatap ke depan untuk maju bersama, dengan cita-cita dan tujuan yang sama,” ujar Mahfud MD, Sabtu (30/11/2019).

Dalam dialog tersebut, hadir pula wakil menteri PUPR yang asal Papua, John Wempi, serta Wakil Gubernur Papua dan Wakil Walikota Jayapura. 

Foto : Istimewa

Mahfud MD menyakinkan, sejak awal, pemerintah Indonesia selalu ingin memajukan Papua, sama dengan daerah lain. Dia pun mengakui, memang terjadi persoalan pembangunan karena keterbatasan infrastruktur. Namun, Mahfud menegaskan, pemerintah Indonesia selalu memberikan perhatian khusus kepada Papua, agar ketertinggalan di bidang infrastruktur, pendidikan, dan lain-lain dapat segera diatasi.

“Percayalah, pemerintah memajukan Papua agar bisa sama dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju. Misalnya dengan Undang-undang Otonomi Khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” ungkap Mahfud.

Beberapa masukan dari para tokoh antara lain, agar warga dan pengusaha Papua dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur. Juga soal catatan tentang Otonomi Khusus (Otsus), yang dinilai tidak konsisten dan kerap tidak diterapkan di lapangan. 

Mahfud berterimakash atas berbagai masukan dari para tokoh dan masyarakat adat. Pemerintah berjanji akan mengkaji dan mencari jalan keluarnya atas seluruh catatan tersebut. 

Sebaliknya, para tokoh dan Pemerintah Provinsi berharap, dialog yang dibangun Menko Polhukam seperti ini dapat membawa perubahan yang baik bagi pemerintah, khususnya dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (INI)

space iklan