Mahfud Md
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, pemerintah tengah menguatkan Badan Keamanan Laut (Bakamla) melalui omnibus law keamanan laut.

Melalui peleburan undang-undang (UU), koordinasi keamanan laut nantinya bakal lewat satu pintu.

“Koordinasinya saja, karena sekarang ada tujuh institusi yang punya wewenang melakukan tindakan hukum di laut. Ada Polair, KKP, kemudian ada Bakamla, Angkatan Laut, Departemen Perhubungan, Bea-Cukai, dan Imigrasi. Wewenang ini nanti akan dikoordinasikan,” kata Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (09/01/2020).

Hanya saja, Mahfud menyebut, hingga kini belum diputuskan lembaga mana yang akan ditunjuk menjadi pintu utama koordinasi keamanan laut.

Baca juga :  Omnibus Law Permudah China Masuk, Mahfud MD : Hoaks!

“Belum ada keputusan, apakah Bakamla atau lembaga yang lain. Tetapi, pokoknya akan ada satu pintu utama,” tandas Mahfud MD.

Diterangkan eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini, omnibus law keamanan laut akan meleburkan 24 undang-undang dan dua peraturan pemerintah. Peleburan dilakukan supaya tidak terjadi tumpang tindih.

“Sebenarnya semuanya sudah kuat. Tapi ini agar tidak tumpang tindih. Misalnya undang-undang nomor sekian pasal sekian bertentangan dengan UU ini pasal sekian. Jadi diangkat jadi satu aturan yang sama,” jelas Mahfud.

Baca juga :  Mahfud MD Tegaskan Indonesia Masih Mampu Jaga Natuna Sendiri

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah tengah membahas omnibus law keamanan laut. Luhut menyebut, penyederhanaan aturan dapat memperkuat posisi Badan Keamanan Laut (Bakamla).

“Omnibus saya bicara sama Pak Mahfud, supaya segerakan omnibus itu selesai. Supaya nanti coast guard itu Bakamla betul-betul menjadi coast guard. Agar peran Bakamla itu kuat,” ujar Luhut setelah bertemu Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, awal pekan lalu. (FMB)

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia