Tinjau Natuna Rapat di Atas KRI, Mahfud: Pemerintah Tingkatkan Patroli

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD. [foto : Dokumen resmi]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berkunjung Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/01/2020). Ia meninjau situasi keamanan setelah kapal nelayan dan Coast Guard China memasuki perairan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Mahfud MD rapat terbatas di atas KRI Semarang-594 yang ditambatkan di Faslabuh TNI AL Selat Lampa. Nampak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama sejumlah deputi KKP.

Bacaan Lainnya

Mahfud MD
Foto : Istimewa

Hadir juga Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono, Dirjen Imigrasi Ronny Sompie, perwakilan Kemenlu, Kemenhan, Kemenhub, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian ATR/BPN, Kementerian LHK, Kemenkumham, TNI, hingga Polri.

Sebelum rapat digelar, Mahfud dan Edhy menyaksikan fly pass pesawat tempur F-16 milik TNI AU dan sailing pass dari anjungan kapal milik TNI AL, Bakamla, KKP, KPLP, hingga Polri yang melintas di sebelah KRI Semarang.

Di atas kapal, Mahfud menyebut, kedatangannya ke Natuna dalam rangka menindaklajuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata Mahfud, Jokowi meminta tak ada tawar menawar atas kedaulatan NKRI.

Meski tidak ada tawar menawar, Mahfud menyatakan, saat ini Indonesia tidak dalam kondisi mempertahankan kedaulatan. Indonesia cuman mempertahankan hak kedaulatan atas laut di ZEE. “Instruksi presiden supaya volume patroli ditingkatkan. Tadi secara simbolis kesiapan patroli,” ujar eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di atas KRI Semarang, Selat Lampa, Natuan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Tak cuman patroli, Mahfud MD mengungkapkan, Jokowi meminta kegiatan pemanfaatan sumber daya laut di ZEE Indonesia. Pemerintah dalam waktu dekat bakal banyak membangun sentra-sentra kegiatan ekonomi di Natuna. “Bukan hanya meningkatkan volume patroli, tetapi mengisi kegiatan pemanfaatan sumber daya di Natuna,” tandas Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi terlebih dulu berkunjung ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (08/01/2020). Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, mantan Gubernur DKI Jakarta menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa. Di sana, Jokowi meninjau jajar kapal dan bertemu dengan ratusan nelayan. Jokowi kemudian ke Kantor Bupati Kabupaten Natuna untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. .

Dalam kunjungan, Jokowi didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ada pula Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra. (FMM)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait