Yakinkan Uang Nasabah PT Asabri Aman, Mahfud MD: Polri Tetap Usut Dugaan Penyelewangan

  • Whatsapp
Pansel Kompolnas
Mahfud MD kenalkan 9 pansel Kompolnas. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri (Persero) lagi ramai jadi perbincangan publik.

Mulanya, yang menginformasikan ada dugaan ketidakberesan di perusahaan asiransi plat merah ini adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD. Ada dugaam korupsi dengan jumlah lebih dari Rp 10 triliun di perusahaan asuransi khusus anggota TNI- Polri tersebut.

Bacaan Lainnya

Mahfud memastikan ia telah mengetahui kasusnya. Kini kasus tersebut tengah diproses. Ia juga telah bertemu khusus dengan Menteri BUMN Erick Thohir di kantor Kemenko Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (16/01/2020) lalu.

Mengenai ada bantahan dari Dirut PT Asabri, Mahfud menyebut, sah-sah saja pernyatan tersebut. Hanya saja, Mahfud menyatakan, tak akan ada orang yang tidak membantah apabila terdapat dugaan kasus yang menjerat perusahaan atau lingkungannya.

“Mana ada orang tidak membantah kalau ada kasus begitu?” ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (16/01/2020).

Karenanya, Mahfud MD meminta seluruh pihak menunggu hasil pemeriksaan polisi terkait kasus ini. Kata dia, penanganan dugaan kasus korupsi ini kini dilakukan oleh kepolisian.

Dia yakin polisi akan profesional. Apalagi korps baju cokelat punya tanggung jawab moral karena ada 600.000 anggotanya yang menjadi nasabah di perusahaan asuransi pelat merah itu.

“Kalau sudah urusan benar salah, prosedur nanti hukum yang berjalan. Saya akan berbicara dengan Polri karena ini Polri yang menangani,” kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini meminta para prajurit TNI dan Polri serta para pensiunan tak gundah dengan isu dugaan korupsi yang tengah membelit PT Asabri.

“Tidak usah gundah. Negara menjamin untuk jaminan hari tua, kematian, pensiun dan sebagainya, masih stabil. Akan tetapi tetap saja pemerosotan yang tidak wajar ini tetap diusut sekarang oleh Polri,” pungkasnya.

Serupa, di tempat yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyakinkan, kondisi keuangan PT Asabri stabil. Erick memastikan bahwa operasional PT Asabri berjalan baik.

“Dalam keadaan keuangannya stabil. Jadi tak usah ada isu lain. Tapi kalau ada penyelewengan dari penurunan aset karena salah investasi atau penurunan harga saham, tentu itu harus dibuktikan. Ya itu proses hukum seperti yang ada di Jiwasraya,” kata dia. (FMM)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait