Felly Estelita Runtuwene
Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene saat ikut menyampaikan hasil audiensi KSPSI tentang Omnibus Law cluster Ketenagakerjaan. [foto : Istmewa]

Inisiatifnews.com – Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning Proletariyati menyatakan bahwa pihaknya akan berpihak kepada kaum buruh Indonesia dalam kaitan omnibus law RUU Cipta Lapangan Kerja.

“Kami lengkap datang ke sini temui teman-teman buruh dari semua fraksi di Komisi IX. Pimpinan dan poksi akan sepakat berpihak kepada buruh,” kata Ribka saat menemui massa aksi dari KSPSI di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Kemudian, ia juga menyatakan bahwa Komisi IX DPR RI sebagai mitra kerja pemerintah akan melibatkan elemen buruh dalam pembahasan omnibus law. Hal ini akan dilakukan ketika draft resmi dari pemerintah pusat sudah sampai di DPR RI baik jika berada di Badan Legislasi (Baleg).

“Jangan khawatir, kalau draft omnibus law masuk ke DPR kami akan libatkan teman-teman. Karena kami tahu teman-teman buruh yang paling tahu apa yang menjadi kebutuhan kalian. Kalian jangan ragu. Komisi IX saat bela buruh juga tidak akan ragu-ragu,” tegasnya.

Baca juga :  Mahfud MD : Ubah UU Pakai Perppu Bisa, Pakai PP atau Perpres Tidak Bisa

Kemudian, Ribka juga menyatakan bahwa DPR RI khususnya Komisi IX akan meminta kepada pemerintah untuk menempatkan buruh sebagai pihak yang tetap dibela hak-haknya dalam regulasi yang tengah diwacanakan akan dibentuk oleh eksekutif.

“Buruh tidak tuntut kaya tapi perut dan kesejahteraan. Kami minta pemerintah supaya mau berpihak pada buruh. Karena bung Karno katakan buruh adalah soko-guru revolusi,” tandas Ribka.

Sementara itu, wakil ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena juga menyampaikan bahwa seluruh aspirasi dari elemen buruh sudah diterima oleh DPR RI. Termasuk juga dengan tuntutan elemen KSPSI juga sudah diterima langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel.

Baca juga :  KSPI Tetap Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

“Semua pengurus dan presiden buruh ketemu dengan wakil ketua DPR RI Pak Rahmat Gobel dan kita semua. Kita percayakan kepada pimpinan buruh,” kata pria yang karib disapa Melky itu.

Ia juga mengatakan bahwa Komisi IX DPR RI berharap besar omnibus law cluster Ketenagakerjaan berpihak kepada buruh Indonesia. Dan ia juga berharap agar RUU Cipta Lapangan Kerja nantinya menjadi pelindung bagi semua pihak, baik itu dari unsur pekerja maupun pihak pemberi kerja.

“Kami harap teman-teman buruh ikut membahas omnibus law dan berpihak ada kepentingan buruh. Kami ingin UU ini menjadi surga bagi buruh dan pengusaha Indonesia. Semua kita bicara baik dan kita kawal agar semua keberpihakan ada di kita semua,” tutupnya. [NOE]

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia