Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Menko Mahfud: Permintaan Pak Jokowi Tak Usah Melayat, Menteri Fokus Kerja di Jakarta

  • Whatsapp
20200325 220844
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Hj Sudjiatmi Notomiharjo.

Innalillahi wa innailaihi rojiun. Saya turut berduka cita yang dalam atas berpulangnya Ibunda Bapak Presiden Jokowi,” tulis Mahfud dalam akun instagramnya @mohmahfudmd, Rabu (25/03/2020).

Bacaan Lainnya

Mahfud pun mendoakan agar Allah SWT menerima amal ibadah almarhumah Hj Sujiatmi Notomiharjo. “Semoga Pak Jokowi dan keluarga diberikan keikhlasan dan kesabaran,” doa Mahfud MD.

Seperti diketahui, kabar duka datang dari keluarga Presiden Jokowi. Ibunda Presiden Jokowi, Hj Sudjiatmi Notomihardjo tutup usia di RS DKT Surakarta, Jawa Tengah, pukul 16.45 WIB, hari ini Rabu (25/03/2020). Ibunda Jokowi wafat dalam usia 77 tahun.

Hj Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943, meninggalkan empat orang anak: Jokowi, Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Mahfud mengakui, saat mendengar kabar bahwa Ibunda Jokowi wafat, ia mencoba mengkoordinir rekan anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo.

Mahfud berencana meminjam pesawat TNI Angkatan Udara (AU) atau POLRI. Tetapi, tiba-tiba ada arahan dari Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung agar menteri tak pergi ke Solo. Para menteri hendaknya fokus pada tugas saja di Jakarta.

“Jadi saya dan kawan-kawan tidak ke Solo. Saya dan isteri melakukan salat ghaib dari rumah untuk janazah almarhumah,” kata Mahfud dalam siaran persnya kepada Inisiatifnews.com.

Mahfud yakin, Presiden Jokowi tak enak hati meminta orang untuk tidak melayat langsung. Akan tetapi, karena Presiden Jokowi sendiri yang mengumumkan dan tengah berkampanye agar rakyat tidak melakukan kerumunan dalam rangka physical distancing guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19, maka Presiden Jokowi meminta masyarakat tidak bertakziyah ke rumah duka.

“Beliau minta agar almarhumah didoakan dari rumah masing-masing saja. Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin mensalatkan jenazahnya dilakukan dengan salat ghaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam,” pungkasnya. FMM

Pos terkait