Update Covid-19 : 2.273 Kasus, 164 Sembuh, 198 Meninggal

  • Whatsapp
IMG 20200405 174304
Juru bicara pemerintah tentang pandemi Covid-19, Achmad Yurianto.

Inisiatifnews.com Juru bicara pemerintah tentang Pandemi Covid-19, Achmad Yurianto mengupdate informasi tentang data kasus Novel Coronavirus Disease (Covid-19).

“Pada hari ini telah bertambah lagi 181 orang konfirmasi positif sehingga total menjadi 2.273, ada 14 orang yang sudah dinyatakan sembuh sehingga menjadi 164 orang, dan masih ada 7 orang yang meninggal sehingga jumlahnya menjadi 198,” kata Yuri dalam konferensi persnya di kantor pusat BNPB, Jakarta Timur, Minggu (5/4/2020).

Bacaan Lainnya

Dengan masih bertambahnya jumlah kasus positif dan meninggal dunia, Yuri pun mengimbau kembali agar masyarakat memilih patuhi imbauan pemerintah dan protokol kesehatan.

“Ini gambaran yang kita yakini bahwa di luar masih terjadi penularan, masih ada kasus positif tanpa gejala yang berada di tengah-tengah kita masih, ada sebagian dari kita yang tidak menyadari bahwa kita rentan tertular sehingga masih ada yang belum menjaga jarak di dalam berkomunikasi sosial,” ujarnya.

Kemudian, pejabat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu juga menyinggung penggunaan masker bagi masyarakat agar terhindar dari tertularnya virus corona.

“Masih belum menggunakan masker pada saat berada di luar rumah, masih ada yang belum rajin dan disiplin mencuci tangannya dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” imbuhnya.

Jika seandainya masyarakat patuh pada instruksi pemerintah yakni social distancing dan physical distancing, serta mematuhi protokol kesehatan, maka penyebarannya bisa semakin ditekan.

“Ini yang menjadi kekuatan kita kalau kita akan menghentikan penularan ini,” tuturnya.

Pun demikian, Yuri memberikan sinyal positif bahwa pemerintah akan terus mengupayakan penurunan penyebaran virus corona itu. Dan Indonesia akan segera terbebas dari wabah virus dari Wuhan China tersebut.

“Oleh karena itu saudara-saudara sekalian, kami yakin seyakin-yakinnya bahwa kita semuanya bisa mengendalikan penyakit itu, kita bisa memberantas penyakit ini bahwa dengan bersama-sama kita bisa menyelesaikan permasalahan covid 19,” tandasnya.

Selanjutnya, Yuri pun mengimbau kepada masyarakat luas agar selalu mengenakan masker ketika berada di luar rumah agar bisa terhindar dari tertularnya Covid-19.

“Oleh karena itu mari sekali lagi kami meminta semuanya mulai hari ini gunakan masker, masker untuk semua. Saling mengingatkan manakala ada yang tidak menggunakan masker, ingatkan agar menggunakan masker,” tutur Yuri.

Selain itu, physical distancing juga diimbaukan oleh Yuri agar selalu dipatahui oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

“Lebih baik berada di rumah, tunda semua kepentingan untuk meninggalkan rumah, tunda semua rencana kepergian bukan hanya ke kampung tetapi ke rumah saudara, ke rumah teman, rumah yang lainnya, tunda. Lakukan komunikasi sosial dengan menggunakan jaringan telekomunikasi yang sudah kita miliki,” serunya.

“Betul bahwa kita harus melindungi siapapun termasuk melindungi orang tua kita yang di kampung, melindungi saudara-saudara kita. Oleh karena itu kuncinya adalah disiplin kebersamaan di dalam mengendalikan penyakit ini adalah penting,” tutupnya. [NOE]

Pos terkait