Alumni UII Bantu APD untuk Rumah Sakit di Yogyakarta

  • Whatsapp
IMG 20200407 WA0049
Wakil Ketua IKA UII Yogyakarta Asmai Ishak menyerahkan bantuan secara simbolis pada Direktur RS JIH Yogyakarta, di Yogyakarta, Selasa (07/04/2020)
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com Alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Peduli terus bergerak menyalurkan bantuan alat kesehatan untuk tenaga medis yang menangani virus Corona Covid-19. Setelah pekan lalu membantu sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta, hari ini Selasa (07/04/2020) giliran rumah sakit di Yogyakarta yang dapat bantuan.

Dua rumah sakit di Yogyakarta tersebut adalah Jogjakarta International Hospital (JIH) dan RS UII Bantul.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Ikatan Alumni UII Yogyakarta (IKA UII) Asmai Ishak mengungkapkan, bantuan yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, face shields, sarung tangan, masker, hand sanitizer, dan juga sejumlah vitamin.

Mewakili Ketua Umum M. Syarifuddin yang baru saja terpilih Ketua Mahkamah Agung (MA), Asmai menyebut, bantuan itu baru tahap awal. Karena masih ada 60-an lagi rumah sakit yang masuk dalam daftar penyaluran bantuan.

Bantuan yang ada, lanjut Asmai, digalang dari para donatur yang mempercayakan penyalurannya kepada Ikatan Alumni (IKA) UII Peduli.

“Kami akan terus menggalang dana, dan pada bulan puasa akan fokus bantu warga miskin yang terdampak,” tutur Asmai yang juga staf pengajar UII Yogyakarta itu.

Acara penyerahan bantuan antara lain dihadiri Rektor UII Prof. Fathul Wahid dan Ketua Yayasan Badan Wakaf, Dr Suwarsono. Dari pihak penerima diwakili oleh Direktur RS JIH dr Mulyo Hartana, Sp. PD dan direktur RS UII dr Widodo Wirawan, M.Ph.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid dalam sambutannya mengatakan, seluruh elemen UII bersinergi membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 di antaranya memberikan donasi alat kesehatan bagi tenaga medis.

“Karena stok barang sulit dan terbatas, sementara permintaan sangat banyak, ya kita kemudian mencoba mengakomodir semua permintaan itu, meski dengan jumlah terbatas,” ujar Fathul Wahid.

Direktur RS JIH, dr Mulyo Hartana menyampaikan, berapapun donasi yang diberikan, sangat berarti bagi rumah sakit.

“Di RS JIH setiap hari butuh 56 set APD. Idealnya rumah sakit punya stok APD untuk satu bulan, tapi stok kami hanya bisa untuk dua hari. Karena itu bantuan tersebut kami terima dengan senang hati,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan dr Widodo. Menurutnya, kebutuhan APD di RS UII Bantul setiap hari 30 set. Tapi saat ini pihaknya belum memiliki jumlah yang memadai.

Dalam kesempatan itu Asmai juga mengharapkan dukungan moril dari segenap keluarga besar UII, agar M Syarifudin, ketua umum IKA UII, bisa menjalankan amanah sebagai Ketua MA dengan baik, serta selalu mengedepankan keadilan. (AM/SUG)

Pos terkait