Berharap Corona Cepat Berlalu, Pemprov Jatim & Masayikh NU Gelar Istighosah Kubro Online

  • Whatsapp
20200408 224116

Inisiatifnews.com. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melakukan berbagai langkah dan upaya dalam menangkal pandemi virus Corona Covid-19. Ikhtiar secara medis, sosial, ekonomi, serta ikhtiar spiritual sesuai agama masing-masing terus diupayakan.

Pemprov Jatim bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) menggelar istighosah kubro secara online bersamaan dengan malam Nisfu Syaban yang jatuh pada Rabu 8 April 2020 malam.

Bacaan Lainnya

Istighosah berlangsung sejak pukul 19.30 WIB. Istighosah kubro digelar online untuk memenuhi physical distancing demi menghindari adanya pengumpulan jamaah di tengah wabah Virus corona Covid-19.

Istighosah digelar untuk bermunajat, memohon perlindungan Allah SWT dan meminta agar wabah Corona segera berlalu. Istighosah kubro online digelar dipusatkan di tiga titik yaitu di Kantor PWNU, Ponpes Lirboyo Kediri, dan juga Gedung Negara Grahadi Surabaya disiarkan live di sejumlah media televisi lokal dan nasional.

Kabar Istighosah online ini juga disampaikan PWNU Jatim melalui akun Instagram. Imam Ghazali memberikan penjelasan panjang lebar mengenai keistimewaan malam Nishfu Sya’ban ini dalam kitabnya, Mukasyafatul Qulub.

Malam Nishfu Sya’ban adalah hari raya para penduduk langit. Sebagaimana Idul Fitri dan Idul Adha adalah hari raya para penduduk bumi. “Semoga gerak batin #IstighotsahOnline serentak dari rumah ke rumah, menjadi wasilah Jawa Timur dan Indonesia segera terbebas dari pandemik Covid-19,” tulis PWNU Jatim.

Istighosah kubro dipimpin sejumlah kiai yaitu KH Anwar Mansur, KH Anwar Iskandar, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Marzuki Mustamar, KH Nawawi Abdul Jalil, KH Nurul Huda Jazuli, KH Zainudin Jazuli, KH Mutawaqil Allalah, dan KH Miftahul Akhyar serta kiai sepuh lainnya. Kiai sepuh Nahdliyin ini mengajak warga NU ikut serta ber-istighosah dari rumah masing-masing.

berita 816729 800x600 IMG 20200408 WA0047
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan istighosah kubro bersama para masayikh Nahdlatul Ulama (NU) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (08/04/2020).

Istighosah kubro online ini diikuti oleh seluruh warga Jatim. Di Kabupaten Blitar, kegiatan dipusatkan di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro dengan dipimpin Bupati Blitar Rijanto.

Hadir dalam kesempatan ini Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Trisilo Budi Prasetyo, alim ulama serta Asisten dan Kepala OPD jajaran Pemkab Blitar.

Bupati Rijanto, berharap Istighosah Kubro yang dilaksanakan serentak di Jawa Timur dipimpin langsung Gubernur ini menjadi doa untuk menangkal wabah Covid-19.

“Semoga Istighosah ini membawa berkah bagi Jawa Timur, bagi kita semua. Sehingga Covid-19 pendeminya segera berakhir. Covid-19, ini bukan lawan yang enteng, kita berperang dengan lawan yang tidak kelihatan wujudnya,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, istighosah kubro online ini dipimpin 19 masyayikh atau ulama sepuh di bawah komando PWNU Jatim. Lebih lanjut dikatakan Khofifah, ini menjadi ihtiar dan upaya untuk Jatim dan Indonesia agar terbebas dari pandemi Covid-19.

“Kemungkinan ini adalah istighosah kubro online pertama yang pernah dilakukan di negeri ini. Ini ihtiar yang harus kita lakukan harus makin komprehensif. Tidak cukup hanya ihtiar lahir dan tapi juga harus diimbangi dengan ihtiar batin,” ujar Khofifah.

“Kalau banyak yang munajat di waktu ijabah, seperti malam Nisfu Syaban, mudah-mudahan apa yang kita munajatkan kepada Allah, ijabah. Sehingga masyarakat Indonesia, masyarakat Jawa Timur segera tehindarikan dari Covid-19,” tambah Khofifah.

Kata Khofifah, istighosah kubro online ini dilakukan untuk menjaga physical distancing. Selain itu dilakukan secara jarak jauh, agar para jemaah juga dapat berdoa dengan penuh keikhlasan, kekhusyukan dan dalam jumlah yang besar tanpa perlu khawatir dengan kondisi kesehatan.

“Mudah-mudahan kebersamaan kita, keikhlasan kita, kekhusyukan kita beristighosah menjadi bagian dari pintu pembuka keselamatan dan kesehatan untuk Indonesia,” pungkas Gubernur.

Nadirsyah Hosen, Rois Syuriah pengurus cabang istimewa Nahdalatul Ulama di Australia juga sempat mengikuti istighosah kubro online ini.

“Alhamdulillah barusan selesai mengikuti istighosah kubro live streaming PWNU Jawa Timur. Mendengar dan menyimak serta mengaminkan doa para kiai dan masyayikh. Saking cintanya para beliau kepada umat, masing-masing mengeluarkan doa andalannya merayu Allah SWT. Semoga Allah kabulkan,” doanya lewat akun @na_dirs. (FMM)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait