Update Covid 19 : 3.512 Positif, 282 Sembuh, 306 Meninggal

Jubir penanggulangan Covid 19, Achmad Yurianto.

Inisiatifnews.com – Juru Bicara Pemerintah Pananggulangan Covid-19, Achmad Yurianto mengumumkan jumlah penambahan kasus positif corona terkini.

Terhitung per hari Jumat (10/4) hari ini, kasus baru bertambah sebanyak 219 sehingga menjadikan total kasus sebanyak 3.512.

Bacaan Lainnya

“Pada hari ini terdapat penambahan 219 kasus baru. Artinya bahwa ini adalah diperkirakan infeksinya, terinfeksinya di 5-6 hari yang lalu sebanyak 219 kasus baru sehingga totalnya menjadi 3.512 kasus,” ujar Yurianto saat konferensi pers.

Sedangkan sebanyak 30 kasus dinyatakan telah sembuh, sehingga total kasus sembuh menjadi 282 orang. Namun, ada penambahan kasus meninggal yang sebanyak 26 orang. Total kasus meninggal hingga hari inipun mencapai 306 kasus.

Yurianto mengajak masyarakat, agar terus menyadari pentingnya menghentikan pandemi ini secara bersama-sama. Di antaranya dengan menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak komunikasi, menggunakan masker, beraktivitas di rumah, dan menjaga kebersihan diri.

“Insyallah dengan upaya seperti ini maka kita bisa mempercepat proses pandemi di Tanah Air kita, supaya kita bisa pulih seperti sedia kala. Oleh karena itu, putuskan penularan. Patuhi dan disiplin di rumah. Patuh dan disiplin menjaga jarak. Patuh dan disiplin menggunakan masker, patuh dan disiplin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” jelas Yurianto.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah agar tidak melakukan perjalanan pulang kampung. Sehingga dapat mengurangi risiko penularan virus ini kepada orang lain.

“Pemerintah sudah tegas untuk melarang aparatur sipil negara, Polri dan TNI untuk tidak pulkam. Kami akan tetap menjaga ini agar penularan pada saudara kita di kampung tidak terjadi,” tambah dia.

Pada Kamis (9/4) tercatat 3.293 kasus positif Covid-19 dengan 252 pasien sembuh dan 280 pasien lainnya meninggal dunia. DKI Jakarta masih menjadi episentrum wabah di Indonesia dengan catatan kasus sekitar 50 persen dari jumlah nasional, yakni sebanyak 1.753 kasus infeksi dan 154 kasus kematian.

Dalam kurun waktu 24 jam, dilaporkan sebanyak 47 orang terinfeksi dan 12 pasien meninggal dunia di Jakarta, mengingat angkanya per hari kemarin masing-masing 1.706 kasus positif Covid-19 dan 142 kasus kematian. []

Pos terkait