PBNU Tetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah Jatuh Hari Minggu

  • Whatsapp
aqil siradj
Ketum PBNU, Said Aqil Siradj.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU) KH. Said Aqil Siradj mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu (24/5).

Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah PBNU pada hari Jum’at, 22 Mei 2020 telah melakukan rukyatul-hilal bil fi’li di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan dengan hasil hilal tidak terlihat. Maka 1 Syawwal jatuh pada Ahad, 24 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

“Awal bulan Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu) tanggal 24 Mei tahun 2020. Jatuh pada Ahad 24 Mei 2020,” ujar Said Aqil melalui keterangan yang diterima, Jumat (22/5) petang.

Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1441 Hijriah juga berlangsung di Kantor Kementerian Agama dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya tidak ada penampakan hilal awal Syawal 1441 Hijriah di seluruh wilayah Indonesia pada Jumat petang. Kementerian Agama melalui Tim Falakiyah telah mengamati hilal di 80 titik wilayah Indonesia.

“Seluruh wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” kata Cecep melalui siaran langsung Youtube Kemenag RI saat memaparkan posisi hilal.

Seperti diketahui, penetapan awal bulan Hijriah ditentukan hisab dan rukyat. Proses hisab sudah dilakukan oleh hampir semua ormas Islam.

“Kita sedang melakukan proses rukyat, dan sedang menunggu hasilnya. Tetapi secara hisab, awal Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu. Tunggu hasil rukyat dan keputusan sidang isbat,” tandas Cecep. (INI)

Pos terkait