Mahfud Minta KPK Pelototin Pilkada Serentak, Jangan Sampai Ada Celah Korupsi!

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melototin jalannya Pilkada serentak, yang dijadwalkan pada 9 Desember akhir tahun ini.

“Kita bicara juga dengan KPK, bagaimana Pilkada diawasi agar tidak terjadi korupsi,” ujar Mahfud MD dalam Webinar Internasional bertema An Election in the Time of Pandemic: ‘Protecting the Quality of Democracy and Potential Corruption, yang diselenggarakan atas kerjasama KPK, Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas, Kedeputian l Kemenko Polhukam, Bawaslu dan GIZ (sebuah lembaga dari Jerman), Kamis (25/6).

Bacaan Lainnya

Selain Menko Polhukam sebagai keynote speaker, Webinar ini juga diisi oleh Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, Fritz Edward Siregar, anggota Bawaslu, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat pegiat korupsi dan demokrasi dari luar negeri.

Mahfud mengakui, banyak pihak khawatir, Pilkada serentak diselenggarakan di tengah pandemi akan boros anggaran. Sehingga banyak pula yang meminta Pilkada ditunda.

Akan tetapi, jika ditunda, justru kerugian ekonomi jauh lebih banyak. Oleh sebab itu, pemerintah bersama KPU, DPR dan Pemerintah Daerah terus berdialog membicarakan solusi pelaksanaan pilkada di tengah pandemi.

Mahfud juga meminta seluruh pihak memberi masukan atas korupsi yang berpotensi terjadi dalam pelaksanaan pilkada serentak.

Meskipun Pilkada kali ini dalam situasi pandemi, Mahfud berharap pilkada berlangsung dengan lancar. Serta dapat memunculkan pemimpin daerah berkualitas, dan tentu tidak ada celah untuk korupsi.

“Jadi secara ilmiah nanti silakan beri masukan, bagaimana agar tidak terjadi celah korupsi. Juga, bagaimana agar kualitas pilkada di masa pandemi Covid-19 ini tidak turun. Agar partisipasi publik meningkat, bagaimana teknologinya, caranya. Dengan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi,” pungkasnya. (MMF)

Pos terkait